PERTUMBUHAN FISIK DAN PERKEMBANGAN MOTORIK AUD

PERTUMBUHAN FISIK DAN PERKEMBANGAN  MOTORIK AUD

Pertumbuhan fisik adalah perumbuhan struktur tubuh manusia yang terjadi sejak masih dalam kandungan hingga ia dewasa. Proses perubahannya adalah menjadi panjang (pertumbuhan vertikal) dan menjadi tebal atau lebar (pertumbuhanhorizontal) dalam suat=—u proporsi bentuk tubuh. Pertumbuhan berarti pula sebagai proses transmisi dari konstitusi fisik (resamtubuh, keadaan jasmaniah) yang herediter / turun menurun dalam bentuk prosesaktif secara berkesinambungan.

  Perkembangan motorik adalah perkembangan mengontrol gerakan-gerakantubuh melalui kegiatan-kegiatan yang terkoordinasikan antara susunan syaraf pusat,syaraf, dan otot. Proses tersebut dimulai dengan gerakan-gerakan kasar (grossmovement) yang melibatkan bagian-bagian besar dari tubuh dalam fungsi duduk, berjalan, lari, meloncat, dan lain-lain. Kemudian, dilanjutkan dengan koordinasihalus (finer coordination) yang melibatkan kelompok otot halus dalam fungsi meraih, memegang, melempar, menulis, menggambar, mewarna, dan lain-lain.

  1. Karakteristik Perkembangan Motorik anak Usia 8-12 tahun

Gallahue (1996:22) mengklasifikasi anak ke dalam dua kategori, yaitu earlychildhood (3-8 tahun) dan later childhood (8-12 tahun) untuk melihat perbedaan pertumbuhan dan perkembangannya. Tentang karakteristik perkembangan motorik padaanak di masalater childhood atau berumur 8-12 tahun, Gallahue (1996:22) menyatakan bahwa Kemampuan anak dalam perceptual pada masa ini sudah mulai meningkat dan bekerja secara harmony untuk belajar gerak sehingga pada akhirnya dapat menunjukan keterampilan geraknya.Mereka sudah mulai bisa menunjukan penampilan keterampilan gerak dasar yaitu lokomotor dan manipulative.

Gallahue (1996:279) menyatakan bahwa keterampilan gerak dasar lokomotor,yaitu:

gerakan tubuh yang terjadi karena tubuh menggerakan posisi badan yang semula tegak menjadi bergerak ke suatu tempat ke tempat lain dengan arah horizontal maupun vertical yang terdiri dari berjalan, berlari, melonjat dan melompat.Sedangkan keterampilan gerak dasar manipulative menurut Gallahue (1996:279)menyatakan bahwa keterampilan gerak manipulative, yaitu:gerakan kasar dengan menggunakan tenaga untuk memberi atau menerima suatu objek, seperti melempar,menangkap, menendang, memantulkan dan memukul.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.