PERKEMBANGAN AUD
Perkembangan Fisik (Motorik kasar an halus)
- Gerakannya semakin terkoordinasi dan menikmati permainan secara lebih aktif.
- Sudah bisa berjalan lebih sempurna. Bisa berjalan dengan tumit dan berjinjit.
- Bisa membawa sesuatu ditangan sambil berjalan.
- Bisa melompat di permukaan datar dalam jarak dekat.
- Kemampuan motoriknya semakin meningkat, misal bisa dilihat dari dia bermain membangun bangunan dengan menggunakan balok.
- Sudah bisa menangkap bola besar.
- Bisa membuat sendiri suatu bentuk di atas kertas secara sepontan ketimbang mencontoh garis dan bentukbyang dicontohkan.
- Bisa membuka pintu sengan memegang gagang pintu, memegang gelas atau cangkir dengan satu tangan dan membuka tutup botol yang berulir.
Perkembangan Kognitif
- Mulai memahami konsep jumlah, hubungan dengan tempat ( di bawah, di atas, dll).
- Mengerti kegunaan benda.
- Senang mengelompokkan benda berdasarkan warna atau sifat-sifat yang jelas lainnya, kemampuan ini akan membantu dalam memahami konsep dasar matematika.
- Senang melakukan kegiatan merangkai, memasukan tali kedalam manik-manik besar.
- Dapat menunjuk dirinya yang ada di dalam foto.
- Seringkali mencoba melanggar aturan yang dibuat untuk melihat reaksi kita.
Perkembangan Bahasa
- Bisa mengikuti perintah sederhana.
- Sudah bisa menghubungkan konsep satu kata dengan beberapa kejadian secara keseluruhan (naik mobil, menuju ke toko, berbelanja dan pilang lagi ke rumah).
- Perbendaharaan kata-katanya sudah bertambah menjadi kira-kira 50 kata.
- Membuat kalimat dengan satu kata menjadi dua kata, tiga kata atau empat kata, walaupun perkataanya masih sulit dipahami.
- Bisa membuat kalimat permintaan sederhana dan menjawab pertanyaan yang sederhana.
Perkembangan Sosial Emosional
- Suka meniru orang dewasa.
- Mulai mengenal emosi orang lain.Mulai menunjukkan kerjasama ketika bermain dengan anak lain meskipun pertikaian atau rebutan kerap terjadi.
- Senang membantu pekerjaan rutin, seperti mengambil kaos kaki dan memasukkanya ke dalam keranjang cucian.
- Bisa menjadi sangat marah jika terjadi perubahan besar dalam kegiatan rutinitasnya.
Sumber : http://kurikulumpaud.blogspot.com