Indikator Perkembangan PAUD pada Kurikulum 2013
Pada Kurikulum 2013 yang diterapkan pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) terdapat indikator yang perkembangan yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan pembelajaran di PAUD
Indikator Perkembangan
- Indikator perkembangan adalah kemampuan yang diharapkan dan dicapai oleh anak pada usia tertentu.
- Indikator perkembangan merupakan penanda perkembangan yang lebih spesifik yang terukur pada satu program pengembangan untuk memantau/menilai perkembangan anak.
- Indikator perkembangan juga merupakan gambaran minimal mengenai ciri-ciri peserta didik yang dianggap telah mencapai kemampuan dasar pada tingkatan usia tertentu.
- Indikator perkembangan merupakan kontinum perkembangan usia lahir-6 tahun.
- Indikator perkembangan tidak dibuat untuk menjadi kegiatan pembelajaran, tetapi menjadi panduan yang digunakan pendidik dan/atau pengasuh dalam melakukan stimulasi dan observasi.
- Indikator perkembangan dirumuskan berdasarkan Kompetensi Dasar (KD).
- Kompetensi Dasar (KD) dirumuskan berdasarkan Kompetensi Inti (KI) yang mempunyai 4 ranah, yaitu Sikap Spiritual, Sikap Sosial, Pengetahuan, dan Keterampilan.
Fungsi Indikator
- Indikator perkembangan menjadi acuan untuk memantau/menilai perkembangan anak sesuai dengan tahapan usianya
- Indikator perkembangan tidak dibuat untuk menjadi kegiatan pembelajaran, tetapi menjadi panduan yang digunakan pendidik dan/atau pengasuh dalam melakukan stimulasi dan observasi kemajuan perkembangan peserta didik.
- Indikator juga dapat: memberi inspirasi dalam mengembangkan materi pembelajaran, memberi inspirasi dalam mendesain kegiatan pembelajaran, dan memberi inspirasi dalam mengembangkan bahan ajar
Demikian pembahasan mengenai Indikator perkembangan semoga dapat menjadi bahan pengetahuan, silahkan memberikan komentar dibawah posting ini, terima kasih