Capaian Pembelajaran Prodi PG-PAUD

Sikap dan Tata Nilai

Lulusan program studi PG-PAUD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai memiliki sikap dan tata nilai sebagai berikut.

a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius dalam kehidupan sehari-hari;

b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan

etika;

c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan

kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta

rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

e. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat

atau temuan orisinal orang lain;

f. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan

lingkungan;

g. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

h. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

i. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

dan

j. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan

Penguasaan Pengetahuan

Lulusan Program Studi PG-PAUD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai menguasai pengetahuan sebagai berikut

  1. Memiliki wawasan keilmuan bidang Pendidikan Anak Usia Dini  sebagai salah satu paradigma dalam pengembangan ilmu serta pemecahan masalah-masalah dalam masyarakat yang terkait dengan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD),
  2. Menguasai berbagai teori, konsep serta hasil penelitian yang relevan dengan paradigma atau kerangka kerja penelitian yang akan dilaksanakan dalam bentuk skripsi di bidang PAUD.
  3. Menguasai metodologi penelitian yang terkait keilmuan PAUD, serta mampu menggunakan hasil-hasilnya untuk melaksanakan penelitian dalam bentuk skripsi di bidang PAUD
  4. Menguasai teori dan pendekatan pembelajaran untuk anak anak usia dini baik formal, nonformal maupun informal

Keterampilan Umum

Lulusan Prodi PG-PAUD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai memiliki keterampilan umum sebagai berikut.

  1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian

ilmiah, penciptaan desain atau seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi

bidang bimbingan dan konseling yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora;

menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika

ilmiah dalam bentuk tesis yang abstraknya diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta

artikel yang diterbitkan di jurnal ilmiah, proceeding hasil dipresentasikan, atau

diterima di jurnal internasional;

b. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian bimbingan dan konseling dalam

menyelesaikan masalah pendidikan melalui pengembangan pengetahuan dan keahlian

bimbingan dan konseling;

c. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab

dan berdasarkan etika akademik di bidang bimbingan dan konseling, serta

mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;

d. Mampu mengidentifikasi obyek penelitian pada bidang pendidikan, bimbingan dan

konseling dan memposisikannya ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan

melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;

e. Mampu membuat keputusan dalam konteks penyelesaian masalah dan pengembangan ilmu

pengetahuan dan teknologi di bidang bimbingan dan konseling yang

memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian ilmiah atau

eksperimental terhadap informasi dan data;

f. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega,

sejawat di dalam lembaga, masyarakat, dan komunitas penelitian yang lebih luas;

g. Mampu meningkatkan kapasitas belajar secara mandiri;

h. Mampu mempertanggungjawabkan hasil penelitiannya dengan cara mendokumentasikan,

menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin

kesahihan dan mencegah plagiasi.

4. Keterampilan Khusus

Atas dasar keterampilan umum di muka, maka keterampilan khusus yang harus dikuasai oleh setiap

lulusan sebagai berikut.

a. Peka dan tanggap terhadap perubahan masyarakat dan memiliki rasa keterikatan untuk

berperanserta dalam usaha-usaha memajukan dan/atau memecahkan masalah-

masa­lah masyarakat melalui paradigma keilmuan bimbingan dan konseling serta keilmuan

pendidikan.

b. Memperlihatkan perilaku dalam pengembangan keilmuan dan pelaksanaan tugas

bimbingan dan konseling yang mencerminkan kepribadian yang patut sebagai pendidik,

ialah memiliki integritas, tanggung jawab, dan kesadaran akan landasan ilmiah (sikap ilmiah)

bagi setiap tindakan professionalnya.

c. Melaksanakan penelitian dalam bentuk tesis di bidang bim­bingan dan konseling yakni

meyusun proposal, melaksanakan penelitian, dan menyusun laporan tesis.

d. Mempublikasikasikan hasil penelitian di jurnal ilmiah dan berbagai forum ilmiah tingkat

regional, nasional dan/atau internasional.

e. Merancang, mengelola, dan mengevaluasi program bimbingan dan konseling di latar

pendidikan.

f. Secara mandiri dan team kerja mampu melaksanakan tugas-tugas dan bantuan

pengembangan manusia dengan menggunakan disiplin ilmu bimbingan dan konseling untuk

pemecahan masa­lah kemanusiaan pada umumnya.

PG-PAUD Universitas Pahlawan

Salah Satu Prodi pada Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Dikenal dengan Prodi PG-PAUD Tambusai mempunyai Visi Menghasilkan Lulusan sebagai Guru PAUD Profesional pada lembaga PAUD dan mempunyai jiwa Wirausaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.