Dosen Prodi PG-PAUD Ikuti Workshop Kewirausahan Universitas Pahlawan 2019

Bangkinang, 16 Januari 2019, Untuk meningkatkan jiwa inovatif dan semangat entrepreunership Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai (UP) mengadakan workshop kewirausahaan, Senin (14/01) hingga Rabu (16/01) 2019.

Workshop yang di adakan selama tiga hari ini menghadirkan pembicara yang telah pakar untuk mengembangkan sistem pendidikan dengan orientasi wirausaha yaitu Prof. Dr. B Isyandi, SE., MS, dan orang yang telah sukses di bidang kewirausahaan seperti Atet Sugiharto, S.Kom serta Suhaimi, M.Si., yang merupakan pemenang 4 penghargaan tingkat Nasional bidang kewirausahaan.

Menurut Rektor UP Prof. Dr. Amir lutfi banyak Universitas yang sudah melakukan kegiatan Kewirausahaan baik itu di Universitas Negeri ataupun swasta seperti Universitas Brawijaya dan Universitas Malang.

Beliau juga menuturkan bahwa alumni UP bisa belajar, bagaimana cara mengembangkan kewirausahaan dibidang kesehatan untuk mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK), begitu juga dengan masiswa Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Hukum (FH), dan Fakuktas Teknik (FT). Selain itu, besar harapan beliau agar mahasiswa dan alumni Universitas Pahlawan betul-betul menguasai bidang ilmu yang dikuti dengan mutu dan kewirausahaan.

“Entrepeneurship itu adalah sebuah karakter, maka harus kita bangun dan kita budayakan kepada mahasiswa. Misalnya, Universitas Pahlawan dapat membuat entrepreunership centre” tutur Atet Sugiharto, S.Kom.

Melalui pengalamannya, beliau juga menuturkan bahwa jiwa entrepreunership itu dapat dimulai melalui dosen atau tenaga pengajar, agar mahasiswa di Universitas Pahlawan juga bisa meniru kebiasaan entrepeunieship tersebut.

“Konsep kewirausahaan ini harus disadari oleh siapapun di Universitas Pahlawan, untuk menularkannya kepada mahasiswa maka wajib bagi tenaga pendidik mampu memperlihatkan aktualisasi diri, sehingga ini mendorong setiap aspek yang ada dikampus untuk menunjang terwujudnya visi” tutur Prof. Isyandi.

Dalam workshop ini Suhaimi selaku pembicara juga memberikan trik dan cara dalam membentuk soft skill dan hard skill untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan dalam proses mengajar sebagai tenaga pendidik yang akan membangkitkan rasa daya juang bagi mahasiswa di Universitas Pahlawan. Kegiatan ini merupakan bukti nyata bahwa Universitas Pahlawan benar-benar berkonsentrasi dan fokus pada pendidikan yang menghasilkan lulusan berjiwa kewirausahaan.

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Rapat pimpinan ini dihadiri oleh seluruh Ketua Program Studi dan jajaran dekan setiap Fakuktas. Dalam kesempatan tersebut, banyak diantara dosen yang secara langsung berdiskusi dengan pemateri mengenai peningkatan visi entrepreunership yang ada di UP.

Sebagai informasi pembicara workshop yaitu Atet Sugiharto,S.Kom telah menjadi sosok yang diperhitungkan dalam bisnis TI di Indonesia. Spin Net adalah salah satu usaha bisnisnya di bawah bendera PT Immedia Visi Solusi.

Workhop ini berhubungan dengan program studi kewirausahaan, membahas pengembangan prodi dan hubungnnya dengan prodi lain, selain mengembangkan lahan pratikum dengan mitra, kegiatan ini menunjang program pemagangan dan sebagai labor untuk mahasiswa praktik. Merubah manset mahasiswa untuk membuka lapangan pekerjaan, serta membuat contoh prodi kewirausahaan dari setiap prodi-prodi yang ada di UP.

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Rapat pimpinan ini dihadiri oleh seluruh Ketua Program Studi dan jajaran dekan setiap Fakuktas. Dalam kesempatan tersebut, banyak diantara dosen yang secara langsung berdiskusi dengan pemateri mengenai peningkatan visi entrepreunership yang ada di UP.

PG-PAUD Universitas Pahlawan

Salah Satu Prodi pada Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Dikenal dengan Prodi PG-PAUD Tambusai mempunyai Visi Menghasilkan Lulusan sebagai Guru PAUD Profesional pada lembaga PAUD dan mempunyai jiwa Wirausaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.