Capaian Pembelajaran Prodi PG-PAUD Universitas Pahlawan
Sikap dan Tata Nilai
Lulusan program studi PG-PAUD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai memiliki sikap dan tata nilai sebagai berikut.
a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius dalam kehidupan sehari-hari;
b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan
etika;
c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan
kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta
rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
e. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat
atau temuan orisinal orang lain;
f. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan
lingkungan;
g. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
h. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
i. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
dan
j. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan
Penguasaan Pengetahuan
Lulusan Program Studi PG-PAUD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai menguasai pengetahuan sebagai berikut
- Memiliki wawasan keilmuan bidang Pendidikan Anak Usia Dini sebagai salah satu paradigma dalam pengembangan ilmu serta pemecahan masalah-masalah dalam masyarakat yang terkait dengan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD),
- Menguasai berbagai teori, konsep serta hasil penelitian yang relevan dengan paradigma atau kerangka kerja penelitian yang akan dilaksanakan dalam bentuk skripsi di bidang PAUD.
- Menguasai metodologi penelitian yang terkait keilmuan PAUD, serta mampu menggunakan hasil-hasilnya untuk melaksanakan penelitian dalam bentuk skripsi di bidang PAUD
- Menguasai teori dan pendekatan pembelajaran untuk anak anak usia dini baik formal, nonformal maupun informal
Keterampilan Umum
Lulusan Prodi PG-PAUD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai memiliki keterampilan umum sebagai berikut.
- Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian
ilmiah, penciptaan desain atau seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi
bidang bimbingan dan konseling yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora;
menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika
ilmiah dalam bentuk tesis yang abstraknya diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta
artikel yang diterbitkan di jurnal ilmiah, proceeding hasil dipresentasikan, atau
diterima di jurnal internasional;
b. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian bimbingan dan konseling dalam
menyelesaikan masalah pendidikan melalui pengembangan pengetahuan dan keahlian
bimbingan dan konseling;
c. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab
dan berdasarkan etika akademik di bidang bimbingan dan konseling, serta
mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
d. Mampu mengidentifikasi obyek penelitian pada bidang pendidikan, bimbingan dan
konseling dan memposisikannya ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan
melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
e. Mampu membuat keputusan dalam konteks penyelesaian masalah dan pengembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi di bidang bimbingan dan konseling yang
memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian ilmiah atau
eksperimental terhadap informasi dan data;
f. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega,
sejawat di dalam lembaga, masyarakat, dan komunitas penelitian yang lebih luas;
g. Mampu meningkatkan kapasitas belajar secara mandiri;
h. Mampu mempertanggungjawabkan hasil penelitiannya dengan cara mendokumentasikan,
menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin
kesahihan dan mencegah plagiasi.
4. Keterampilan Khusus
Atas dasar keterampilan umum di muka, maka keterampilan khusus yang harus dikuasai oleh setiap
lulusan sebagai berikut.
a. Peka dan tanggap terhadap perubahan masyarakat dan memiliki rasa keterikatan untuk
berperan–serta dalam usaha-usaha memajukan dan/atau memecahkan masalah-
masalah masyarakat melalui paradigma keilmuan bimbingan dan konseling serta keilmuan
pendidikan.
b. Memperlihatkan perilaku dalam pengembangan keilmuan dan pelaksanaan tugas
bimbingan dan konseling yang mencerminkan kepribadian yang patut sebagai pendidik,
ialah memiliki integritas, tanggung jawab, dan kesadaran akan landasan ilmiah (sikap ilmiah)
bagi setiap tindakan professionalnya.
c. Melaksanakan penelitian dalam bentuk tesis di bidang bimbingan dan konseling yakni
meyusun proposal, melaksanakan penelitian, dan menyusun laporan tesis.
d. Mempublikasikasikan hasil penelitian di jurnal ilmiah dan berbagai forum ilmiah tingkat
regional, nasional dan/atau internasional.
e. Merancang, mengelola, dan mengevaluasi program bimbingan dan konseling di latar
pendidikan.
f. Secara mandiri dan team kerja mampu melaksanakan tugas-tugas dan bantuan
pengembangan manusia dengan menggunakan disiplin ilmu bimbingan dan konseling untuk
pemecahan masalah kemanusiaan pada umumnya.