Manfaat Kegiatan Esktrakurikuler dari Berbagai Sudut Pandang

Oleh Sri Rahma Dini

Kegiatan ekstrakurikuler memiliki manfaat bagi siswa yang mengikutinya, beberapa manfaat tersebut dapat dilihat dari berbagai sudut pandang, penjelasannya sebagai berikut :

a. Anak —> 1) Menambah wawasan pengetahuan anak, dengan begitu seoraang anak tidak hanya mendapat wawasan pengetahuan dari satu sudut pandang saja, melainkan dari berbagai sudut pandang, sehingga anak akan terlatih dan pada akhirnya akan terbiasa untuk kritis dalam menyerap segala informasi. 2) Dapat membantu menemukan minat dan bakat anak, seorang anak akan diberikan kebebasan untuk memilih bidang yang diminatinya. 3) Melatihnya bersosialisasi dan membangun kerjasama kelompok,dengan adanya ekstrakurikuler akan memungkinkan untuk sang anak agar dapat memperluas jaringan pertemannannya untuk saling berinteraksi antara satu dengan yang lain. 4) Membantu anak lebih aktif dan mandiri dalam mengatur waktunya 5)Membantu menghibur atau meredakan stress yang mungkin dialami oleh anak.

Baca Juga Manfaat kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah

b. Orang tua —> Mengembangkan bakat dan minat anak tentu merupakan bagian dari tugas orang tua, oleh karena itu Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler disekolah akan mempermudah orang tua dalam berupaya mengetahui bagaimana minat dan bakat dari anaknya, orang tua akan merasakan dampak positif tersendiri yang terjadi pada anaknya, seperti anak akan lebih disiplin dirumah, anak akan mulai membiasakan apa yang dikerjakan pada ekstrakurikuler juga akan diterapkannya dirumah seperti anak yang hobi memasak akan lebih sering membantu orang tua nya memasak dirumah dengan begitu orang tua akan merasakan dampak positif tersendiri terhadap kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan oleh anak disekolah
c. Sekolah —> Manfaat kegiatan ektrakurikuler dari sudut pandang sekolah sangat banyak, didalam kegiatan ekstrakurikuler sekolah akan memberikan dampak yang sangat positif dalam lingkungan sekolah, karena kegiatan ekstrakurikuler akan membuat ciri khas atau skill terdiri yang dimiliki oleh sekolah tersebut, kegiatan ekstrakurikuler bisa membuat sekolah tersebut lebih dikenal oleh khalayak banyak, seperti sekolah sekolah yang mengikuti olimpiade baik seperti olah raga maupun pengetahuan,.sehingga insyaallah akan menambah prestasi untuk sekolah tersebut.
d. Masyarakat —> Manfaat kegiatan ekstrakurikuler bagi masyarakat, akan membantu menciptakan hubungan yang kondusif antara siswa, sekolah dan masyarakat, masyarakat sebagai tempat wadah bersosialisasi akan mendapatkan dampak positif dengan diadakan nya kegiatan ekstrakurikuler disekolah seperti kegiatan pramuka, didalam kegiatan pramuka ada kegiatan berkemah didalam kegiatan tersebut tentu adanya kegiatan bergotong royong yang dilakukan oleh siswa tersebut, seperti membersihkan perkarangan perkarangan rumah masyarakat, nah dengan begitu masyarakat akan terasa terbantu dengan kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan oleh sekolah yang bersangkutan.

PG-PAUD Universitas Pahlawan

Salah Satu Prodi pada Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Dikenal dengan Prodi PG-PAUD Tambusai mempunyai Visi Menghasilkan Lulusan sebagai Guru PAUD Profesional pada lembaga PAUD dan mempunyai jiwa Wirausaha.

3 thoughts on “Manfaat Kegiatan Esktrakurikuler dari Berbagai Sudut Pandang

  • April 2, 2018 at 4:29 am
    Permalink

    Kegiatan ekstrakurikuler sangat penting bagi kita yang mengikutinya. Beberapa manfaat bagi
    A. siswa yaitu :
    1. Anak akan menyalurkan energi dan kreativitasnya.
    2. Anak akan terhindar dari resiko stres.
    3. Anak akan lebih percaya diri
    4. Anak akan memiliki kemampuan sosial yang baik baik disekolah maupun dilingkungannya.
    5. Dapat membangun semangat anak dan mentalitas bersekolah.
    B. Sekolah
    Manfaat kegiatan ektrakurikuler dari sudut pandang sekolah sangat banyak, didalam kegiatan ekstrakurikuler sekolah akan memberikan dampak yang sangat positif dalam lingkungan sekolah, karena kegiatan ekstrakurikuler akan membuat ciri khas atau skill terdiri yang dimiliki oleh sekolah tersebut, kegiatan ekstrakurikuler bisa membuat sekolah tersebut lebih dikenal oleh khalayak banyak, seperti sekolah sekolah yang mengikuti olimpiade baik seperti olah raga maupun pengetahuan,.sehingga insyaallah akan menambah prestasi untuk sekolah tersebut.
    C. Bagi orang tua
    Mengembangkan bakat dan minat anak tentu merupakan bagian dari tugas orang tua, oleh karena itu Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler disekolah akan mempermudah orang tua dalam berupaya mengetahui bagaimana minat dan bakat dari anaknya, orang tua akan merasakan dampak positif tersendiri yang terjadi pada anaknya, seperti anak akan lebih disiplin dirumah, anak akan mulai membiasakan apa yang dikerjakan pada ekstrakurikuler juga akan diterapkannya dirumah seperti anak yang hobi memasak akan lebih sering membantu orang tua nya .
    D. Masyarakat
    1. Untuk dapat mempromosikan sekolah yang lebih baik kepada masyarakat.
    2. Untuk meningkatkan dorongan masyarakat kepada sekolah.
    3. Untuk memberikan motivasi kepada masyarakat.
    4. Untuk meningkatkan ketertarikan yang lebih besar kepada masyarakat.

    Reply
  • April 2, 2018 at 4:54 am
    Permalink

    Padatnya aktivitas belajar mengajar di sekolah terkadang tidak menutup minat seorang anak untuk mengikuti kegiatan estrakulikuler.
    A. Anak
    1. Lebih mengenal dirinya.
    Dengan mengikuti ekstrakulikuler, maka anak akan lebih mengetahui apa yang menjadi kelebihan dan kelemahan diri mereka. Karena, lingkungan di lokasi estrakulikuler akan membuatnya lebih berkembang.
    2.Lebih percaya diri
    Banyak kegiatan ekstrakulikuler yang dapat meningkatkan kepercayaan diri anak. Apalgi jika mereka benar-benar menyukai dan unggul dalam kegiatan ekstrakulikuler yang dipilihnya.
    3.Belajar tanggung jawab
    Anak dapat belajar mengenai tanggung jawab ketika melakukan perannya di dalam kegiatan ekstrakulikuler. Sebagai contoh, saat anak dipilih menjadi kapten tim sepak bola di kegiatan ekstrakulikulernya, maka dia akan berusaha menjadi pemimpin bagi teman-teman setimnya.
    4.Belajar bergaul luas
    Mengikuti ekstrakulikuler juga akan memperluas pergaulan anak Anda. Karena biasanya, dalam kegiatan ekstrakulikuler mereka akan bertemu dengan teman-teman di luar kelas formal sekolah mereka.
    5.Sarana pelepas stres
    Kegiatan ekstrakulikuler biasanya dilakukan di luar jam pelajara formal anak di sekolah. Hal inilah yang dapat menjadikan kegiatan ekstrakulikuler sebagai pelepas stres bagi anak. Asalkan anak tersebut benar-benar menyukai ekstrakulikuler yang mereka ikuti.

    B. Orang tua.
    Mengembangkan bakat dan minat anak tentu merupakan bagian dari tugas orang tua, oleh karena itu Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler disekolah akan mempermudah orang tua dalam berupaya mengetahui bagaimana minat dan bakat dari anaknya, orang tua akan merasakan dampak positif tersendiri yang terjadi pada anaknya, seperti anak akan lebih disiplin dirumah, anak akan mulai membiasakan apa yang dikerjakan pada ekstrakurikuler juga akan diterapkannya dirumah seperti anak yang hobi memasak akan lebih sering membantu orang tua nya memasak dirumah dengan begitu orang tua akan merasakan dampak positif tersendiri terhadap kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan oleh anak disekolah.

    C. Sekolah.
    merupakan kegiatan penunjang pembelajaran yang dilaksanakan di luar jam tatap muka. Meskipun demikian, kegiatan ini mendatangkan kesenangan dan keasyikan tersendiri bagi siswa. Boleh jadi sebagai ajang dan wahana menciptakan suasana dan nuansa baru bagi siswa untuk meningkatkan prestasi belajara akademis. Pada hakikatnya kegiatan ini bertujuan untuk membantu perkembangan siswa sesuai kebutuhan, potensi, bakat dan minat siswa. Diasumsikan bahka setiap siswa akan memiliki kebutuhan, potensi, bakat dan minat yang berbeda. Oleh sebab itu siswa boleh memilih kegiatan apa yang cocok dengan dirinya. Namun demikian, sekolah telah melakukan penelusuran dan penjaringan terhadap kebutuhan siswa tersebut sehingga sekolah bisa menentukan bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan di sekolah. Manfaat kegiatan ekstrakurikuler antara lain :
    1.Wadah untuk mengembangkan potensi, bakat dan minat yang sudah dimiliki siswa.
    2.Upaya memupuk dan mengembangakan rasa tanggungjawab pribadi dan sosial siswa
    3. Dapat menciptakan suasana rileks, gembira dan menyenangkan
    4.Dapat memberikan bekal untuk mempersiapkan karir siswa.
    Bentuk kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan di sekolah juga mempertimbangkan kondisi dan sarana prasarana yang ada. Misalnya kegiatan ekstrakurikuler olah raga prestasi dipilih yang memiliki sarana yang memadai. Vollyball, badminton, tenis meja, sepak takraw dan lain sebagainya merupakan beberapa contoh sederhana. Dapat pula kegiatan yang berkaitan dengan dunia tulis menulis, internet dan blogging. Atau, saat ini lagi populer olimpiade mata pelajaran seperti olimpiade matematika, fisika, biologi, ilmu pengetahuan sosial dan lain sebagainya. Semua ini bisa diterapkan dengan membentuk kelompok olimpiade mata pelajaran.Berdasarkan uraian di atas, kegiatan ekstrakurikuler telah menciptakan nuansa dan suasana pembelajaran yang bervariasi di sekolah. Kebosanan belajar dapat direduksi sedemikian rupa sehingga prestasi belajar anak dapat ditingkatkan secara optimal.

    D. Masyarakat.
    kegiatan ekstra kurikuler terhadap masyarakat:
    1. Meningkatkan hubungan antara sekolah dengan masyarakat dengan cara yang lebih baik (to promote better school and community relation).
    2. Mendorong masyarakat agar memberikan perhatian yang lebih besar guna membantu sekolah (to encourage greater community interest in an support of the school).

    Reply
  • April 2, 2018 at 4:58 am
    Permalink

    a. Anak: 1) Menambah wawasan pengetahuan anak, dengan begitu seoraang anak tidak hanya mendapat wawasan pengetahuan dari satu sudut pandang saja, melainkan dari berbagai sudut pandang, sehingga anak akan terlatih dan pada akhirnya akan terbiasa untuk kritis dalam menyerap segala informasi. 2) Dapat membantu menemukan minat dan bakat anak, seorang anak akan diberikan kebebasan untuk memilih bidang yang diminatinya. 3) Melatihnya bersosialisasi dan membangun kerjasama kelompok,dengan adanya ekstrakurikuler akan memungkinkan untuk sang anak agar dapat memperluas jaringan pertemannannya untuk saling berinteraksi antara satu dengan yang lain. 4) Membantu anak lebih aktif dan mandiri dalam mengatur waktunya 5)Membantu menghibur atau meredakan stress yang mungkin dialami oleh anak
    b. Orang tua: Mengembangkan bakat dan minat anak tentu merupakan bagian dari tugas orang tua, oleh karena itu Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler disekolah akan mempermudah orang tua dalam berupaya mengetahui bagaimana minat dan bakat dari anaknya, orang tua akan merasakan dampak positif tersendiri yang terjadi pada anaknya, seperti anak akan lebih disiplin dirumah, anak akan mulai membiasakan apa yang dikerjakan pada ekstrakurikuler juga akan diterapkannya dirumah seperti anak yang hobi memasak akan lebih sering membantu orang tua nya memasak dirumah dengan begitu orang tua akan merasakan dampak positif tersendiri terhadap kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan oleh anak disekolah
    c. Sekolah: Manfaat kegiatan ektrakurikuler dari sudut pandang sekolah sangat banyak, didalam kegiatan ekstrakurikuler sekolah akan memberikan dampak yang sangat positif dalam lingkungan sekolah, karena kegiatan ekstrakurikuler akan membuat ciri khas atau skill terdiri yang dimiliki oleh sekolah tersebut, kegiatan ekstrakurikuler bisa membuat sekolah tersebut lebih dikenal oleh khalayak banyak, seperti sekolah sekolah yang mengikuti olimpiade baik seperti olah raga maupun pengetahuan,.sehingga insyaallah akan menambah prestasi untuk sekolah tersebut.
    d. Masyarakat : Manfaat kegiatan ekstrakurikuler bagi masyarakat, akan membantu menciptakan hubungan yang kondusif antara siswa, sekolah dan masyarakat, masyarakat sebagai tempat wadah bersosialisasi akan mendapatkan dampak positif dengan diadakan nya kegiatan ekstrakurikuler disekolah seperti kegiatan pramuka, didalam kegiatan pramuka ada kegiatan berkemah didalam kegiatan tersebut tentu adanya kegiatan bergotong royong yang dilakukan oleh siswa tersebut, seperti membersihkan perkarangan perkarangan rumah masyarakat, nah dengan begitu masyarakat akan terasa terbantu dengan kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan oleh sekolah yang bersangkutan.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.