Manfaat Kegiatan Esktrakurikuler di Sekolah

Bangkinang, 26 Maret 2018,  Anak adalah sosok yang unik dan rahasia, dan menurut Teori multiple inteligensi atau kecerdasan majemuk ditemukan dan dikembangkan oleh Howard Gardner, seorang psikolog perkembangan dan professor pendidikan dari Graduate School of Education, Harvard Univercity, Amerika Serikat. Gardner mendefinisikan inteligensi sebagai kemampuan untuk memecahkan persoalan dan menghasilkan produk dalam suatu setting yang bermacam-macam dan dalam situasi yang nyata. Berdasarkan pengertian ini, dapat dipahami bahwa inteligensi bukanlah kemampuan seseorang untuk menjawab soal-soal tes IQ dalam ruang tertutup yang terlepas dari lingkungannya. Akan tetapi inteligensi memuat kemampuan seseorang untuk memecahkan persoalan yang nyata dan dalam situasi yang bermacam-macam.

1. Kecerdasan Verbal-Linguistik
Kecerdasan verbal-linguistik adalah kemampuan untuk menggunakan bahasa, termasuk bahasa ibu dan bahasa-bahasa asing, untuk mengekspresikan apa yang ada di dalam pikiran dan memahami orang lain. Menggunakan kata merupakan cara utama untuk berpikir dan menyelesaikan masalah bagi orang yang memiliki kecerdasan ini. Kecerdasan linguistik disebut juga kecerdasan verbal karena mencakup kemampuan untuk mengekspresikan diri secara lisan dan tertulis serta kemampuan untuk menguasai bahasa asing. Mereka menggunakan kata untuk membujuk, mengajak, membantah, menghibur, atau membelajarkan orang lain.

2. Kecerdasan Logis-Matematik
Kecerdasan matematik adalah kemampuan yang berkenaan dengan rangkaian alasan, mengenal pola-pola dan aturan. Kecerdasan ini menunjuk pada kemampuan untuk mengeksplorasi pola-pola, kategori-kategori dan hubungan dengan memanipulasi objek atau simbol untuk melakukan percobaan dengan cara yang terkontrol dan teratur. Kecerdasan matematika disebut juga kecerdasan logis dan penalaran karena merupakan dasar dalam memecahkan masalah dengan memahami prinsip-prinsip yang mendasari sistem kausal atau dapat memanipulasi bilangan, kuantitas, dan ope rasi. Oleh karena itu, orang yang kuat dalam kecerdasan ini sangat senang berhitung, bertanya, dan melakukan eksperimen.

3. Kecerdasan Visual-Spasial
Kecerdasan visual adalah kemampuan untuk memahami gambar-gambar dan bentuk. Orang yang memiliki kecerdasan ini cenderung berpikir dengan gambar dan sangat baik ketika belajar melalui presentasi visual seperti film, gambar, video, dan demonstrasi yang menggunakan alat peraga. Mereka juga sangat menyukai aktivitas menggambar, mengecat, mengukir, dan biasa mengungkapkan diri mereka melalui aktivitas seni. Mereka juga sangat baik untuk membaca peta, diagram, dan menyelesaikan teka-teki jigsaw. Kecerdasan visual disebut juga kecerdasan spasial karena mencakup kemampuan untuk menggambar bentuk dan ruang suatu objek, kemampuan memikirkan bentuk sehingga memungkinkan seseorang untuk mengetahui di mana dia berada, dan kemampuan untuk memotret dunia.

4. Kecerdasan Berirama-Musik
Kecerdasan berirama-musik adalah kapasitas berpikir tentang musik seperti mampu mendengar, mengenal, mengingat, dan bahkan memanipulasi pola-pola musik. Orang yang memiliki kecerdasan musik dianggap memiliki apresiasi yang kuat terhadap musik, dengan mudah mengingat lagu-lagu dan melodi, mempunyai pemahaman tentang warna nada dan komposisi, dapat membedakan perbedaan antara pola nada dan pada umumnya senang terbenam dalam musik. Kemampuan memainkan instrumen datang dengan alamiah pada diri orang yang memiliki kecerdasan musik. Kecerdasan musik juga meliputi kemampuan memersepsi dan memahami, mencipta dan menyanyikan bentuk-bentuk musikal dan para ahli mengakui bahwa musik merangsang aktivitas kognitif dalam otak dan mendorong kecerdasan.

5. Kecerdasan Jasmaniah-Kinestetik

Kecerdasan jasmaniah-kinestetik adalah kemampuan untuk menggunakan seluruh tubuh dalam mengekspresikan ide, perasaan dan menggunakan tangan untuk menghasilkan atau mentransformasi sesuatu. Orang yang memiliki kelebihan dalam kecerdasan kinestetik cenderung mempunyai perasaan yang kuat dan kesadaran mendalam tentang geraka-gerakan fisik. Mereka mampu berkomunikasi dengan baik melalui bahasa tubuh dan sikap dalam bentuk fisik lainnya. Mereka juga mampu melakukan tugas dengan baik setelah melihat orang lain melakukannya terlebih dahulu, kemudian meniru dan mengikuti tindakannya. Namun, orang yang memiliki kecerdasan ini sering merasa tidak tenang ketika duduk dalam waktu yang relatif lama dan bahkan merasa bosan jika segala sesuatu yang dipelajari atau disampaikan tanpa disertai dengan tindakan yang bersifat demonstratif.

6. Kecerdasan Interpersonal
Kecerdasan interpersonal adalah kemampuan untuk membaca tanda dan isyarat sosial, komunikasi verbal dan non-verbal, dan mampu menyesuaikan gaya komunikasi secara tepat. Orang yang memiliki kecerdasan interpersonal yang tinggi melakukan negosiasi hubungan dengan keterampilan dan kemahiran karena orang tersebut mengerti kebutuhan tentang empati, kasih sayang, pemahaman, ketegasan, dan ekspresi dari kebutuhan dan keinginan. Orang seperti ini mengetahui bagaimana pentingnya berkolaborasi dengan orang lain, memimpin ketika diperlukan, mengikuti jika memang keikutsertaan sangat diperlukan, bekerja sama dengan orang-orang yang memiliki keterampilan komunikasi yang berbeda-beda. Kecerdasan interpersonal berhubungan dengan konsep interaksi dengan orang lain di sekitarnya. Interaksi yang dimaksud bukan hanya sekedar berhubungan biasa saja seperti berdiskusi dan membagi suka dan duka, melainkan juga memahami pikiran, perasaan, dan kemampuan untuk memberikan empati dan respons.

7. Kecerdasan Intrapersonal
Kecerdasan intrapersonal merupakan kecerdasan yang bersumber pada pemahaman diri secara menyeluruh guna menghadapi, merencanakan, dan memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi. Orang yang memiliki kecerdasan ini cenderung memiliki kesadaran diri yang tinggi di mana mereka mampu memproses tujuan yang jelas tentang segala sesuatu yang dilakukan sekarang dan masa yang akan datang. Pada umumnya, mereka memilih untuk bekerja sendiri dalam menyelesaikan proyek-proyek meskipun kadang-kadang memerlukan perhatian ekstra. Mereka bukan hanya cenderung untuk selalu menyendiri dan tidak mau bergaul dengan yang lain, tetapi juga berhubungan dengan kemampuannya untuk merefleksi diri. Mereka dapat menghabiskan waktu dalam kehidupan sehari-hari untuk merefleksi diri memikirkan tujuan dan keberadaan diri mereka. Jika tidak memiliki tujuan tertentu yang harus dilakukan di luar, seperti pergi ke sekolah atau kegiatan lain, maka mereka mungkin tidak akan pernah meninggalkan rumah mereka selama beberapa waktu tertentu.

8. Kecerdasan Naturalistik
Kecerdasan naturalistik adalah kemampuan dalam mengenal dan mengklasifikasi berbagai spesies termasuk flora dan fauna dalam suatu lingkungan. Orang yang memiliki kecerdasan naturalistik yang kuat mempunyai ketertarikan pada dunia luar atau dunia binatang, ketertarikan ini mulai muncul sejak dini. Mereka menyukai subjek, cerita-cerita, dan pertunjukan yang berhubungan dengan binatang dan fenomena alam. Bahkan, mereka menunjukkan minat yang luar biasa pada mata pelajaran seperti biologi, ilmu hewan (zoology), ilmu tumbuh-tumbuhan (botany), ilmu tanah (geology), ilmu cuaca (meteorology), ilmu falak (astronomi), dan paleontologi. Kecerdasan naturalistik disebut juga cerdas alam karena sangat peka terhadap perubahan dalam lingkungan, sekalipun perubahan tersebut dalam hitungan menit dan sangat perlahan yang bagi orang lain pada umumnya sama sekali tidak merasakan. Hal ini terjadi karena tingkat persepsi sensori yang dimilikinya jauh lebih tinggi dari kebanyakan orang. Kekuatan perasaan yang berhubungan dengan alam dapat memberi pemahaman tersendiri dalam mengamati persamaan, perbedaan, dan perubahan pada alam jauh lebih cepat dibandingkan orang lain pada umumnya. Oleh karena itu, orang yang cerdas pada alam sangat mudah untuk mengategori dan membuat katalog terhadap sesuatu.

Kegiatan ekstraurikuler merupakan salah satu kegiatan yang dimaksudkan untuk mengembangkan seluruh aspek kecerdasan tersebut, misalnya ekstra Tari ; untuk mengembangkan kecerdasan seni, kecerdasan kognitif, fisik motorik, dan sosial emosonal.

Berikan komentar anda mengenai manfaat kegiatan ekstrakurikuler di sekolah dari sudut pandang
1. Anak
2. Orang Tua
3. Sekolah
4. Masyarakat

PG-PAUD Universitas Pahlawan

Salah Satu Prodi pada Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Dikenal dengan Prodi PG-PAUD Tambusai mempunyai Visi Menghasilkan Lulusan sebagai Guru PAUD Profesional pada lembaga PAUD dan mempunyai jiwa Wirausaha.

37 thoughts on “Manfaat Kegiatan Esktrakurikuler di Sekolah

  • March 30, 2018 at 4:10 am
    Permalink

    Manfaat kegiatan ekstrakurikuler dari sudut pandang :
    a. Anak —> 1) Menambah wawasan pengetahuan anak, dengan begitu seoraang anak tidak hanya mendapat wawasan pengetahuan dari satu sudut pandang saja, melainkan dari berbagai sudut pandang, sehingga anak akan terlatih dan pada akhirnya akan terbiasa untuk kritis dalam menyerap segala informasi. 2) Dapat membantu menemukan minat dan bakat anak, seorang anak akan diberikan kebebasan untuk memilih bidang yang diminatinya. 3) Melatihnya bersosialisasi dan membangun kerjasama kelompok,dengan adanya ekstrakurikuler akan memungkinkan untuk sang anak agar dapat memperluas jaringan pertemannannya untuk saling berinteraksi antara satu dengan yang lain. 4) Membantu anak lebih aktif dan mandiri dalam mengatur waktunya 5)Membantu menghibur atau meredakan stress yang mungkin dialami oleh anak.
    b. Orang tua —> Mengembangkan bakat dan minat anak tentu merupakan bagian dari tugas orang tua, oleh karena itu Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler disekolah akan mempermudah orang tua dalam berupaya mengetahui bagaimana minat dan bakat dari anaknya, orang tua akan merasakan dampak positif tersendiri yang terjadi pada anaknya, seperti anak akan lebih disiplin dirumah, anak akan mulai membiasakan apa yang dikerjakan pada ekstrakurikuler juga akan diterapkannya dirumah seperti anak yang hobi memasak akan lebih sering membantu orang tua nya memasak dirumah dengan begitu orang tua akan merasakan dampak positif tersendiri terhadap kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan oleh anak disekolah
    c. Sekolah —> Manfaat kegiatan ektrakurikuler dari sudut pandang sekolah sangat banyak, didalam kegiatan ekstrakurikuler sekolah akan memberikan dampak yang sangat positif dalam lingkungan sekolah, karena kegiatan ekstrakurikuler akan membuat ciri khas atau skill terdiri yang dimiliki oleh sekolah tersebut, kegiatan ekstrakurikuler bisa membuat sekolah tersebut lebih dikenal oleh khalayak banyak, seperti sekolah sekolah yang mengikuti olimpiade baik seperti olah raga maupun pengetahuan,.sehingga insyaallah akan menambah prestasi untuk sekolah tersebut.
    d. Masyarakat —> Manfaat kegiatan ekstrakurikuler bagi masyarakat, akan membantu menciptakan hubungan yang kondusif antara siswa, sekolah dan masyarakat, masyarakat sebagai tempat wadah bersosialisasi akan mendapatkan dampak positif dengan diadakan nya kegiatan ekstrakurikuler disekolah seperti kegiatan pramuka, didalam kegiatan pramuka ada kegiatan berkemah didalam kegiatan tersebut tentu adanya kegiatan bergotong royong yang dilakukan oleh siswa tersebut, seperti membersihkan perkarangan perkarangan rumah masyarakat, nah dengan begitu masyarakat akan terasa terbantu dengan kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan oleh sekolah yang bersangkutan.

    Reply
  • Pingback:Manfaat Kegiatan Esktrakurikuler dari Berbagai Sudut Pandang | PG-PAUD Universitas Pahlawan

  • April 1, 2018 at 4:07 am
    Permalink

    Ekstrakurikuler adalah kegiatan yang dilakukan oleh para siswa/i sekolah diluar jam belajar kurikulum standar. Kegiatan-kegiatan ini ada pada setiap jenjang pendidikan contohnya pada sekolah dasar. Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar siswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik. Kegiatan ini diadakan secara berturut dari pihak sekolah maupun siswa-siswi itu sendiri untuk merintis kegiatan di luar jam pelajaran sekolah.
    Kegiatan dari ekstrakurikuler ini sendiri dapat berbentuk kegiatan pada seni, olah raga, pengembangan kepribadian, pengetahuan dan kegiatan lain yang bertujuan positif untuk kemajuan dari siswa-siswi itu sendiri.
    Pengembangan kegiatan ekstrakurikuler merupakan bagian dari pengembangan institusi sekolah. Kegiatan ektrakurikuler sendiri bertujuan untuk mengembangkan bakat, kepribadian, prestasi dan kreativitas siswa dalam rangka mengembangkan pendidikan siswa seutuhnya. Maanfaat dari kegiatan ektrakurikuler tidak hanya dirasakan oleh siswa/i itu saja melainkan beberapa manfaat tersebut dapat juga dialami atau dirasakan oleh berbagai sudut pandang, yaitu :
    a. Anak —> 1) Menambah wawasan pengetahuan anak, dengan begitu seoraang anak tidak hanya mendapat wawasan pengetahuan dari satu sudut pandang saja, melainkan dari berbagai sudut pandang, sehingga anak akan terlatih dan pada akhirnya akan terbiasa untuk kritis dalam menyerap segala informasi. 2) Dapat membantu menemukan minat dan bakat anak, seorang anak akan diberikan kebebasan untuk memilih bidang yang diminatinya. 3) Melatihnya bersosialisasi dan membangun kerjasama kelompok,dengan adanya ekstrakurikuler akan memungkinkan untuk sang anak agar dapat memperluas jaringan pertemannannya untuk saling berinteraksi antara satu dengan yang lain. 4) Membantu anak lebih aktif dan mandiri dalam mengatur waktunya 5)Membantu menghibur atau meredakan stress yang mungkin dialami oleh anak.
    b. Orang tua —> Mengembangkan bakat dan minat anak tentu merupakan bagian dari tugas orang tua, oleh karena itu Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler disekolah akan mempermudah orang tua dalam berupaya mengetahui bagaimana minat dan bakat dari anaknya, orang tua akan merasakan dampak positif tersendiri yang terjadi pada anaknya, seperti anak akan lebih disiplin dirumah, anak akan mulai membiasakan apa yang dikerjakan pada ekstrakurikuler juga akan diterapkannya dirumah seperti anak yang hobi memasak akan lebih sering membantu orang tua nya memasak dirumah dengan begitu orang tua akan merasakan dampak positif tersendiri terhadap kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan oleh anak disekolah
    c. Sekolah —> Manfaat kegiatan ektrakurikuler dari sudut pandang sekolah sangat banyak, didalam kegiatan ekstrakurikuler sekolah akan memberikan dampak yang sangat positif dalam lingkungan sekolah, karena kegiatan ekstrakurikuler akan membuat ciri khas atau skill terdiri yang dimiliki oleh sekolah tersebut, kegiatan ekstrakurikuler bisa membuat sekolah tersebut lebih dikenal oleh khalayak banyak, seperti sekolah sekolah yang mengikuti olimpiade baik seperti olah raga maupun pengetahuan,.sehingga insyaallah akan menambah prestasi untuk sekolah tersebut.
    d. Masyarakat —> Manfaat kegiatan ekstrakurikuler bagi masyarakat, akan membantu menciptakan hubungan yang kondusif antara siswa, sekolah dan masyarakat, masyarakat sebagai tempat wadah bersosialisasi akan mendapatkan dampak positif dengan diadakan nya kegiatan ekstrakurikuler disekolah seperti kegiatan pramuka, didalam kegiatan pramuka ada kegiatan berkemah didalam kegiatan tersebut tentu adanya kegiatan bergotong royong yang dilakukan oleh siswa tersebut, seperti membersihkan perkarangan perkarangan rumah masyarakat, nah dengan begitu masyarakat akan terasa terbantu dengan kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan oleh sekolah yang bersangkutan.

    Reply
  • April 1, 2018 at 5:58 am
    Permalink

    Manfaat ekstrakurikuler :
    1. Bagi siswa :
    a. Siswa dapat mengembangkan minat dan bakat yang dimilikinya dengan optimal melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang diikutinya
    b. Selain itu kegiatan ekstrakurikuler juga merupakan lahan emas bagi siswa dalam menorehkan prestasi
    c. Menjadikan siswa yang kreatif, inovatif dan beradab
    2. Bagi sekolah:
    a. Dengan menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler, sekolah tentu telah menyediakan pendidikan yang lengkap, dari sisi akademik maupun non akademik bagi siswa
    b. Prestasi yang dihasilkan dari kegiatan ekstrakurikuler pun dapat memberikan manfaat positif bagi sekolah, semakin banyak prestasiyang diraih, maka semakin meningkat pula kepercayaan masyarakat akan kualitasdan eksistensi dari sekolah tersebut.
    3. Bagi orang tua :
    a. Dengan adanya ekstrakurikuler, orang tua dapat mengetahui minat dan bakat anaknya, orang tua akan merasakan bangga yang tersendiri
    4. Bagi masyarakat :
    a. Dengan adanya ekstrakurikuler, dapat mencipatakan hubungan antar masyarakat, sekolah, dan siswa. Seperti kegiatan kepramukaan, ekstrakurikuler dalam bidang kesenian.

    Reply
  • April 1, 2018 at 7:44 am
    Permalink

    A. Manfaat kegiatan ekstrakurikuler bagi anak:
    1.Siswa terlatih dalam satu organisasi.
    2. Siswa terlatih dalam suatu kegiatan EO ( Even Organizer ).
    3. Siswa terlatih menjadi seorang pemimpin.
    4. Siswa terlatih berinteraksi dengan dunia luar ( maksudnya luar sekolah ).
    5. Siswa terlatih mempunyai suatu ketrampilan, sebagai benih utnuk berkembang ke depan.
    6. Siswa terlatih menghargai kelebihan orang lain.
    7. Siswa terlatih menghadapi tantangan yang datang.
    8. Siswa terlatih membuat relasi yang langgeng ( Interpersonal )
    9. Siswa termotivasi akan cita-citanya /karir yang akan ia raih.
    10. Siswa terlatih menghargai gurunya, indikasinya adanya jalinan yang akrab antara guru dan siswa tersebut.
    11. Tanpa disadari Siswa merasa bertanggungjawab atas kemajuan sekolahnya.

    B. Manfaat kegiatan ekstrakurikuler menurut sudut pandang orang tua:
    Anak mempunyai kegiatan yang menjadi wadah untuk menyalurkan energi dan kreativitas diluar jam pelajarannya dengan cara yang positif, melalui kegiatan ekstrakurikuler anak dapat menyalurkan minat dan bakatnya, sehingga anak tidak memiliki waktu diluar jam pelajaran nya dengan kegiatan yang bersifat negatif seperti sibuk bermain diluar rumah, dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler akan lebih memiliki waktu yang lebih bermanfaat

    C. Manfaat kegiatan ekstrakurikuler menurut pandangan sekolah:
    Dalam dunia persekolahan, program ekstrakurikuler menjadi sangat penting untuk digalakkan, mengingat perkembangan bakat dan minat seseorang anak akan terasah pada bagian ini.

    Selain dari itu, ternyata kegiatan ekstrakurikuler sekolah juga berperan penting membangun krakter dan ciri khas sekolah tersebut agar menjadi populer dikalangan orang tua, agar supaya anak  mereka dapat bersekolah di sekolah tersebut.

    D. Manfaat kegiatan ekstrakurikuler dari sudut pandang masyarakat:
    Anak kan terampil dalam bermasyarakat dan mampu mengembangkan bakatnya serta memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik ditengah masyarakat.
    Selain itu kegiatan ekstrakurikuler sekolah juga akan berpengaruh terhadap keterampilan siswa di tengah masyarakat baik untuk hari ini atau esok hari. Kita ambil contoh anak – anak yang mengikuti ekstrakurikuler sekolah bidang seni memabaca al-qur’an, kemungkinan ia akan aktiv juga di tengah masyarakat, bisa saja ia menjadi guru mengaji untuk anak – anak kecil dilingkungan sekitarnya.

    Tentu saja dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sekolah sesuai dengan passion atau hoby,otomatis akan mengasah kemampuan dan keahlian siswa dari sekedar ilmu pengetahuan.

    Reply
  • April 1, 2018 at 8:59 am
    Permalink

    Manfaat Kegiatan Ekstrakurikuler dari sudut pandang :
    1. Anak
    a. Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler membuat siswa termotivasi akan cita-cita yang akan dia raih.
    b. Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler dapat mengembangkan potensi, bakat dan minat yang sudah dimiliki siswa.
    c. Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler dapat mengembangkan rasa tanggungjawab, pribadi dan sosial siswa,

    2. Sekolah
    a. Dengan menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler, sekolah tentu telah menyediakan pendidikan yang lengkap, dari sisi akademik maupun non akademik bagi siswa.
    b. Prestasi yang dihasilkan dari kegiatan ekstrakurikuler pun dapat memberikan manfaat yang positif bagi sekolah, semakin banyak prestasi yang diraih maka semakin meningkat pula kepercayaan masyarakat akan kualitas dan eksistensi dari sekolah tersebut.

    3. Orangtua
    a. Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler, orangtua ikut bangga dan senang melihat anaknya mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dengan baik.
    b. Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler, orangtua jadi tahu bakat anaknya.

    4. Masyarakat
    Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler, dapat menciptakan hubungan yang erat antara siswa, sekolah dan masyarakat. Dan juga masyarakat dapat bersosialisasi dengan siswa.

    Reply
  • April 1, 2018 at 9:24 am
    Permalink

    Manfaat ekstrakulikuler :
    A. Bagi anak :
    1. Lebih percaya diri
    2. Belajar bertanggung jawab.
    3. Sebagai ajang pengembangan ilmu pengetahuan siswa.
    4. Melatih kemampuan berfikir anak.
    5. Mengajarkan anak tentang pentingnya kerja sama.
    6. Menjadikan siswa kretif, inovatif, dan beradab.
    7. Pendidikan dilaksanakan secara menarik dan menyenangkan bagi siswa.
    8. Dapat mengakomodasi keragaman kecerdasan dan potensi siswa.
    9. Mempersiapkan siswa dalam menghadapi era globalisasi.
    10. Memperdalam prestasi yang dimiliki.

    B. Bagi sekolah :
    1. Memiliki fleksibelitas yang tinggi dari segi program dan kurikulum.
    2. Sebagai tempat promosi sekolah pada masyarakat.
    3. Lebih mendekatkan pendidikan pada dunia riil.
    4. Pendukung mata pelajaran.
    5. Mengangkat dan mengharumkan nama sekolah.

    C. Bagi orangtua :
    1. Dengan adanya ekstrakulikuler, para orang tua dapat mengetahui bakat dan minat anaknya dengan baik. Melalui ekstrakulikuler orang tua akan dapat memahami keinginan minat anaknya, dan anak pun dapat bersosialisasi dengan temannya lebih baik dan aktif.

    D. Bagi masyarakat :
    Anak akan mampu berinteraksi dan juga bersosialisasi secara baik dengan masyarakat. Serta menciptakan hubungan yang baik antara siswa, sekolah dan juga masyarakat.

    Reply
  • April 1, 2018 at 11:13 am
    Permalink

    1. Manfaat ekstrakulikuler bagi siswa adalah 1) Untuk dapat menemukan minat dan bakat anak, seorang anak akan diberikan kebebasan untuk memilih bidang yang diminatinya 2) membantu anak untuk lebih aktif dan mandiri 3) menambah wawasan pengetahuan anak 4) membantu meredahkan stress pada anak 5) melatih mereka bersosialisasi dan membangun kerja sama kelompok.
    2. Manfaat ekstrakulikuler bagi orangtua adalah dengan adanya ekstrakulikuler disekolah akan mempermudah orangtua dalam berupaya mengetahui bagaimana minat dan bakat dari anaknya. Orangtua akan merasakan dampak pstif dari anaknya seperti akan lebih disiplin, anak akan mulai membiasakan apa yang dikerjakan padab ekstrakulikuler juga akan dikerjakan dirumah
    3. Manfaat ekstrakulikuler di sekolah adalah diddalam kegiatan ekstrakulikuler sekolah akan memberikan dampak yang sangat positif dalam lingkungan sekolah. Kegiatan ekstrakulikuler juga bisa membuat sekolah yang mengikuti olimpiade baik seperti olahraga maupun pengetahuan.
    4. Manfaat ekstrakulkuler bagi masyarakat adalah akan membantu menciptakan hubungan yang kondusif antara siswa, sekolah dan masyrakat, masyrakat sebagai tempat wadah bersosialisasi akan mendapatkan dampak positif dengan diadakannya kegiatan ekstrakulikulerdisekolah seperti pramuka. Didalam kegiatan pramuka ada berkemah yang kegiatan berkemah tersebut bersangkutan dengan masyarakat

    Reply
  • April 1, 2018 at 10:39 pm
    Permalink

    1. Manfaat ektrakulikuler dari sudut pandang anak.
    – melatih kemandirian sang anak
    – menambah pengetahuan sang anak
    – menemukan dan mengembangkan bakat sang anak
    – mengajarkan supaya disiplin
    – menyalurkan minat anak
    – mengisi waktu luang anak agar lebih bermanfaat
    2. Manfaat ektrakulikuler dari sudut pandang orang tua.
    Peran orang tua juga sangat di butuhkan dalam hal ini. Mengapa? Karena lingkungan pertama yg di hadapi, yg di lalui sang anak yaitu lingkungan keluarga. Jikalau keluarga mampu memberikan support dan motivasi yg bagus hal ini akan berpengaruh kepada anak dia akan merasa lebih ada di dalam keluarga sehingga dia akan lebih giat dan bersungguh-sungguh dalam mengembangkan bakat dia untuk membuat orang tua nya, keluarga nya menjadi bahagia berkat dirinya.
    3. Manfaat ektrakulikuler dari sudut pandang sekolah.
    Sekolah merupakan wadah atau pun tempat bagi siswa dan siswi untuk menyalurkan hobi, bakat, minat mereka ( siawa dan siswi). Jikalau fasilitas yg sediakan sekolah sangat membantu dan menunjang hal ini akan berpengaruh kepada hasil yg di lakukan murid2 di sekolah tersebut karena oh karena untuk menghasilkan bibit yg bagus dan berkualitas diperlukan adanya kelengkapan sarana dan prasarana serta fasilitas yg mendukung agar hasilnya memuaskan.
    4. Manfaat ektrakulikuler dari sudut pandang masyarakat.
    Lingkungan masyarakat mungkin tempat yg paling memengaruhi kepribadian seseorang di tempat tersebut. Bak kata orang-orang ‘tinggal di lingkungan ayam berkokok pula kita, tinggal di lingkungan kambing me ngembek pula kita’. Maksudnya yaitu tinggal di lingkungan baik, baik pula kitanya tinggal di lingkungan kurang baik mungkin kita juga akan kurang baik pula jadinya. Jadi lingkungan itu suatu tempat yg sangat mempengaruhi kepribadian seseorang. Tapi tergantung pada diri kita sendiri lagi bisa apa nggak mengontrol diri ini untuk jadi apa dan mau kemana kedepannya. Karena sebaik baiknya lingkungan yaitu lingkungan atau tempat yang mampu menyalurkan, mendukung setiap perbuatan kita terutama hobi.

    Sekian dari saya wassalam.

    Reply
  • April 2, 2018 at 1:35 am
    Permalink

    Manfaat kegiatan ekstrakurkuler dari sudut padang :
    A. Sudut padang ekstrakurkuler anak menurut saya anak dapat lebih mengenal dirinya sendiri dari kegiatan berlangsung . Anak akan mengetahui kelebihan dan kekurangan pada diri anak masing – masing , dan anak akan lebih percaya diri terhadap kegiatan ekstrakurkuler yang di pilih dan anak dapat bertanggun jawab terhadap kegiatan atau peran di dalam ekstrakurikuler berlangsun , dan anak dapat bergaul secara luas karena anak akan bertemu dengan teman – teman di luar kelas formal di sekolah ,dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler bisa menjadi sarana melepas stres pada diri anak , contohnya anak habis belajar matematika , anak bosan dan jenuh dalam pelajaran itu berlangsun ketika jam selanjutnya jam ekstrakurikuler anak akan melepaskan semua jenuhnya dengan melakukakan hoby dan bakat anak masing – masing . Ekstrakulikuler menurut saya bagus di terapkan dan di kembangkan lagi di sekolah .
    B . Sudut pandang orang tua
    menurut saya dengan adanya kegiatan ekstrakulikuler di sekolah orang tua sangat mendukung kegiatan tersebut karena hoby an bakat anak akan tersalurkan dan di kembangkan oleh pihak sekolah, dan orang tua tidak cemas lagi untuk bagaimana cara meyalurkan bakat yang di miliki anak mereka .
    C. Sudut padang dari sekolah
    menurut saya dengan adanya kegiatan ekstrakulikuler yang di adakan di sekolah dapat mengharumkan nama sekolah dari bakat anak, siswa dapat mengembangkan bakatnya dengan ikut lomba di sekolah yang lain atau ikut lomba 02SN. Dari hoby dan bakat anak maka nama sekolah bisa harum dan terkenal . Dan sebaiknya pihak – pihak sekolah lebih memperhatikan lagi bakat anak,supaya dapat di salurkan .
    D. Sudut padang masyrakat .
    Menurut saya dengan adanya ekstarulikule di adakan di sekolah ,masyarakat dan siswa dapat berinteraksi secara luas, dan pihak sekolah dapat promosi tetang sekolah ke masyrakat dari bakat yang di miliki siswa. 80 % insya allah masyarkat akan tertarik terhadap sekolah karena pihak sekolah dapat mengembangkan bakat anak . Dan siswa juga bisa mengikutti kegiatan gotong royong ke masyarakat dengan membantu membersikan mesjid atau jalan yang banyak rumput tinggi yang di utus dari sekolah untuk membantu masyrakat .

    Reply
  • April 2, 2018 at 1:51 am
    Permalink

    1. Manfaat ekstrakulikuler dari sudut pandang anak
    Bagi anak ekstrakulikuler menjadi kan anak mandiri Dan juga berkembang, bertanggung jawab dalam segala hal, membuat anak menjalani hidup sehat dengan ekstrakulikuler seperti olahraga dll

    2. Manfaat ekstrakulikuler dari sudut pandang orang tua
    Peran orabg tua sangat penting karena orang tua akn memberika motivasi Dan semangat untuk anaknya dalam menjalankan kegiatan ekstrakulikuler Dan orang tua akan tau bakat Dan minat anak nya dalam belajar maupun dalam hal ekstrakulikuler

    3. Manfaat ekstrakulikuler dari sudut pandang sekolah
    Sekolah sangat memberikan dukungan positif Dan juga bertujuan melakukan dalam bidang olahraga Guru akan mengikuti anak tersebut dalam perlombaan Dan juga mempromosikan anak tersebut kedalam bidang lain

    4. Manfaat ekstrakulikuler dari sudut pandang masyarakat
    Dalam pandangan masyarakat sangat terpengaruh untuk anak karena dimasyarakat pergaulan anak sangat lah bebas tetapi akan banyak anak mendapatkan pengalaman baik Dan buruk nya dalam masyarakat Dan juga pengembangan pola pikir anak akan berkembang sekalian juga bakat anak

    Reply
  • April 2, 2018 at 2:50 am
    Permalink

    1.manfaat exstra kulikuler dari sudut pandang anak,:
    Menghindari anak dari kegiatan yang negatif, melatih mental anak, menjaga kesehatan tubuh anak,
    2.manfaat exstra kulikuler dari sudut pandang orang tua: orang tua lebih mudah untuk menentukan potensi olah raga anak nya, dan orang tua lebih mudah juga untuk mengontrol anak nya .
    3.pandangan dari sekolah tentang exstra kulikuler, jika sekolah tersebut memiliki exstra kulikuler yang bagus, maka sekolah tersebut banyak diminati siswa.
    4.sedangkan pandangan exstra kulikuler dari masyarakat menurut saya adalah masyarakat akan lebih tertarik jika terdapat exstra kulikuler di sekolah untuk memasukkan anak buah hatinya ke dalam sekolah tersebut.

    Reply
  • April 2, 2018 at 2:53 am
    Permalink

    manfaat ekstra kulikuler dari sudut pandang anak.
    1. dapat bergaul dengan taman2 nya.
    2.melatih minat dan bakat anak. sehinga anak bisa melatih minat dan bakat nya. dan mengembangkan nya.
    3.dengan adanya ekstakulikuler anak tidak terpaku dengan kesibukan sendiri dengan bermain game online.
    4.dengan adanya ekstakulikuler anak akan tau kelebihan dan
    kekurangan pada dirinya.

    manfaat ekstra kulikuler dari sudut pandang orang tua
    1. orang tua tidak repot lagi mencari tempat utk mengembangkan minat dan bakat anak nya.
    2.orang tua akan lebih mudah mengetahui minat dan bakat anak nya. sehingga orang tua lebih mudah mendorong anak nya utk mengasah bakat anak nya tersebut.
    3. dengan adanya ekstakulikuler orang tua tidak was-was lagi anaknya akan melakukan tindakan negatif. sebab anak sibuk dengan kegiatan mengasah minat dan bakatnya.

    manfaat ekstra kulikuler dari sudut pandang sekolah
    1. sebagai wadah untuk menampung minat dan bakat anak perserta didik
    2.sebagai tempat melatih,mengembangkan minat dan bakat peserta didik.
    3.sebagi penyalur bibit minat dan bakat anak.

    manfaat ekstra kulikuler dari sudut pandang masarakat

    1.menciptakan interaksi yang baik antara siswa guru dan masarakat.
    2.masarakat sebagai penerima hasil minat dan bakat siswa.
    3.masarakat tidak khawatir dengan adanya ekstakulikuler anak peserta didik tidak akan melakukan tingkah negatif seperti tauran,narkoba,dll. sebab siswa sibuk dengan mengasah minat dan bakat nya.

    Reply
  • April 2, 2018 at 3:05 am
    Permalink

    A. Bagi Anak
    Yaitu untuk 1) Menambah wawasan pengetahuan anak, dengan begitu seoraang anak tidak hanya mendapat wawasan pengetahuan dari satu sudut pandang saja, melainkan dari berbagai sudut pandang, sehingga anak akan terlatih dan pada akhirnya akan terbiasa untuk kritis dalam menyerap segala informasi. 2) Dapat membantu menemukan minat dan bakat anak, seorang anak akan diberikan kebebasan untuk memilih bidang yang diminatinya. 3) Melatihnya bersosialisasi dan membangun kerjasama kelompok,dengan adanya ekstrakurikuler akan memungkinkan untuk sang anak agar dapat memperluas jaringan pertemannannya untuk saling berinteraksi antara satu dengan yang lain. 4) Membantu anak lebih aktif dan mandiri dalam mengatur waktunya 5)Membantu menghibur atau meredakan stress yang mungkin dialami oleh anak.

    B. Orang tua
    Yaitu untuk Mengembangkan bakat dan minat anak tentu merupakan bagian dari tugas orang tua, oleh karena itu Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler disekolah akan mempermudah orang tua dalam berupaya mengetahui bagaimana minat dan bakat dari anaknya, orang tua akan merasakan dampak positif tersendiri yang terjadi pada anaknya, seperti anak akan lebih disiplin dirumah, anak akan mulai membiasakan apa yang dikerjakan pada ekstrakurikuler juga akan diterapkannya dirumah seperti anak yang hobi memasak akan lebih sering membantu orang tua nya memasak dirumah dengan begitu orang tua akan merasakan dampak positif tersendiri terhadap kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan oleh anak disekolah
    C. Sekolah
    Yaitu Manfaat kegiatan ektrakurikuler dari sudut pandang sekolah sangat banyak, didalam kegiatan ekstrakurikuler sekolah akan memberikan dampak yang sangat positif dalam lingkungan sekolah, karena kegiatan ekstrakurikuler akan membuat ciri khas atau skill terdiri yang dimiliki oleh sekolah tersebut, kegiatan ekstrakurikuler bisa membuat sekolah tersebut lebih dikenal oleh khalayak banyak, seperti sekolah sekolah yang mengikuti olimpiade baik seperti olah raga maupun pengetahuan,.sehingga insyaallah akan menambah prestasi untuk sekolah tersebut.
    D. Masyarakat
    Yaitu Manfaat kegiatan ekstrakurikuler bagi masyarakat, akan membantu menciptakan hubungan yang kondusif antara siswa, sekolah dan masyarakat, masyarakat sebagai tempat wadah bersosialisasi akan mendapatkan dampak positif dengan diadakan nya kegiatan ekstrakurikuler disekolah seperti kegiatan pramuka, didalam kegiatan pramuka ada kegiatan berkemah didalam kegiatan tersebut tentu adanya kegiatan bergotong royong yang dilakukan oleh siswa tersebut, seperti membersihkan perkarangan perkarangan rumah masyarakat, nah dengan begitu masyarakat akan terasa terbantu dengan kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan oleh sekolah yang bersangkutan.

    Reply
  • April 2, 2018 at 3:09 am
    Permalink

    Berbicara tentang teori Multiple Intelegensi atau kecerdasan majemuk, pengembangannya untuk anak bisa dilihat diberbagai macam kecerdasan yang ada melalui ekstrakurikuler yang merupakan suatu cara yang jitu dalam meningkatkan kualitas pendidikan bagi anak selain proses belajar mengajar. Salah satu pengembangan kecerdasan menurut teori Multiple Intelegensi adalah kecerdasan jasmaniah/ kinestetik. Kecerdasan kinestetik anak bisa tersalur dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler, dan salah satunya yaitu tari. Ekstrakurikuler tari ini merupakan ekstrakurikuler yang unik, dimana pada tari ini memungkinkan anak untuk membangun hubungan yang penting antara pikiran dan tubuh, arti kata memungkinkan tubuh untuk memanipulasi obyek dan menciptakan gerakan serta memuat kemampuan dari pada anak untuk secara aktif menggunakan bagian- bagian atau seluruh tubuhnya untuk berkomunikasi dan memecahkan berbagai masalah. Dengan kecerdasan kinestetik anak mampu mengkoordinasikan antara tubuh dan gerakan.
    Manfaat kegiatan ekstrakurikuler:
    1. Bagi anak
    a. Timbulnya Perasaan Bangga
    Perasaan bangga pada anak dapat dilihat pada saat anak tampil dengan ekspresi tersenyum, tenang, dan gembira. Seorang anak membutuhkan kesepakatan pujian dari orang yang dikagumi, dicintai dan dihormatinya. Mendapat pujian dari orang yang dicintai, dikagumi, akan dapat membuat anak menjadi merasa lebih berarti dan berguna. Pujian tersebut bisa berupa kalimat verbal maupun non verbal sebagai pernyataan kekaguman atas diri anak. Pujian yang disampaikan kepada anak akan menimbulkan sugesti positif bagi anak, sehingga anak terpengaruh untuk menjadi lebih tenang, gembira, aman, optimis dan sebagainya.
    b. Memiliki Sifat Pemberani
    Sikap berani anak ditunjukkan melalui cara anak menari dengan bebas tanpa tekanan, selalu tersenyum, tatapan mata yang penuh percaya diri. Selanjutnya dalam kehidupan sehari-hari sikap pemberani anak dalam menari tersebut tercermin dari sikap anak yang berani untuk bertemu dengan orang lain, berani menjawab pertanyaan orang lain, berani bertanya, berani bermain dengan teman sebayanya, berani berada di lingkungan yang baru dan berani mengikuti perintah guru.
    c. Mampu Mengendalikan Emosi
    Perilaku anak, baik itu meliputi perilaku yang baik ataupun buruk merupakan bagian dari pengembangan kecerdasan emosional anak. Sesungguhnya anak cenderung memiliki emosi yang lebih kuat daripada orang dewasa, karena anak belum mampu mengembangkan kemampuan menalar sampai dengan usia 9 tahun. Anak yang memiliki kecerdasan emosional kuat akan mampu menciptakan dan mempertahankan hubungan sehat dengan orang lain dan dengan dirinya sendiri. Kecerdasan emosional anak terlihat pada anak yang benar-benar dididik dan diarahkan untuk menjiwai dan menghargai terhadap kemampuan.
    d. Mampu Mengasah Kehalusan Budi
    Pelaksanaan ekstrakurikuler disini tidak hanya mengajarkan, melatih dan membimbing , melainkan dapat juga mengarahkan perilaku anak dengan etika yang baik. Contohnya dapat kita ambil dari pembelajaran seni tari. Seni tari mengajarkan anak untuk dapat menyesuaikan gerakan dengan musik sehingga anak secara tidak langsung berlatih untuk menggunakan kepekaan dan kehalusan budi/perasaannya agar dapat bergerak sesuai dengan musik.
    e. Mampu Menumbuhkan Rasa Bertanggung jawab
    Anak yang bertanggung jawab adalah anak yang mampu melakukan apa yang diinginkannya sekaligus juga mampu melakukan apa yang diinginkan orang lain, mampu memilih mana yang baik dan buruk serta berani menanggung resiko. Untuk menanamkan rasa tanggung jawab kepada anak harus dilakukan dengan lemah lembut, halus, tegas tetapi penuh pengharapan.
    f. Mampu Menumbuhkan Rasa Mandiri
    Salah satu ciri anak yang mempunyai kecerdasan emosional yang tinggi adalah mempunyai sifat mandiri. Contohnya, sifat mandiri pada anak dapat ditanamkan melalui pembelajaran tari, caranya dengan mengajarkan anak untuk melakukan tugas-tugasnya secara mandiri. Tugas-tugas anak tersebut antara lain yaitu: mencari tempat di dalam barisan pada saat belajar menari, berjalan tertib menuju ruang latihan menari, menirukan gerak yang diberikan oleh gurunya tanpa disuruh, berani menari sendiri tanpa diberi contoh, berani mengambil tempat minum sendiri, berani menari didepan banyak orang tanpa didampingi gurunya.
    g. Mudah Berinteraksi dengan orang lain
    Misalnya dalam pembelajaran seni tari, anak diajarkan untuk berinteraksi dengan orang lain, misalnya menjawab pertanyaan guru, memperhatikan guru dalam menjelaskan materi, menirukan gerak yang diberikan oleh guru, mempraktekkan gerak yang diajarkan guru, bertanya pada guru apabila mempunyai kesulitan, menyapa teman, berbaris rapi bersama teman, menari bersama teman, mau berbagi dengan teman. Kebiasaan yang diajarkan guru dalam proses belajar menari tersebut dapat diterapkan di dalam perilaku sehari-hari.
    h. Mampu Mengembangkan Imajinasi
    Dalam pembelajaran tari, pengembangan imajinasi anak dilakukan melalui cerita yang disampaikan oleh guru sebelum memberikan contoh gerak. Selain cerita, foto, gambar, film, keadaan disekeliling anak juga dapat menjadi media pengembangan imajinasi anak. Misalnya, guru akan mengajarkan tari burung, terlebih dahulu anak diberikan cerita mengenai burung, bagaimana burung itu mencari makan, minum, terbang, bertengger, berjalan dan tidur. Kemudian anak diajarkan menirukan perilaku burung tersebut sesuai dengan imajinasi anak sendiri. Guru hanya mengarahkan gerakan yang dibuat anak berdasarkan imajinasinya tersebut supaya menghasilkan gerak yang baik. Guru harus menghargai karya anak tersebut, tidak boleh mencela atau mengatakan buruk, karena hanya akan mematahkan daya imajinasi anak.
    i. Menjadi Anak Yang Kreatif
    Proses pengembangan daya imajinasi anak, akan mengarah atau membentuk perilaku kreatif anak. Hal ini dapat dilihat dari hasil karya anak. Kita bisa ambil contoh dalam proses belajar tari, anak cenderung menjadi lebih kreatif, karena anak diberi kebebasan untuk bergerak, menirukan gerak, menafsirkan gerak sesuai dengan kemampuannya. Artinya dalam proses belajar tari, tidak ada istilah benar dan salah, sehingga anak bebas menirukan gerak yang diberikan gurunya. Bebas artinya gerakan yang dilakukan anak tidak harus sama persis yang dilakukan gurunya, misalnya gerak tangan ke atas, seharusnya gerak tangan tersebut dilakukan dengan lurus ke atas, tetapi anak bisa melakukannya tidak lurus mungkin agak serong.

    2. Bagi Orang tua
    Pada kegiatan ekstrakurikuler Orang tua dapat menambah kesadaran untuk lebih memberikan dukungan dan motivasi terhadap anak mengenai bakat yang diminati anak dalam kegiatan ekstrakurikuler .

    3. Bagi sekolah
    a. Untuk membantu perkembangan kerjasama kelompok yang lebih efektif antara personel dan penanggung jawab akademis siswa.
    b. Untuk mengintegrasikan lebih dekat beberapa devisi sekolah.
    c. Untuk menyediakan sedikit peluang yang dirancang untuk membantu siswa dalam memanfaatkan situasi guna memecahkan masalah yang dihadapi

    4. Bagi masyarakat
    a. Untuk mempromosikan sekolah yang lebih baik kepada masyarakat.
    b. Untuk meningkatkan ketertarikan yang lebih besar pada masyarakat
    c. Untuk meningkatkan dorongan masyarakat kepada sekolah
    d. Untuk memberikan motivasi kepada masyarakat untuk tetap mendukung sekolah

    Reply
  • April 2, 2018 at 3:20 am
    Permalink

    1. Manfaat ekstrakulikuler dari sudut
    A. pandang anak :
    Menambah wawasan pengetahuan anak , sehingga anak akan terlatih pada akhirnya akan terbiasa untuk berfikir kritis dalam menyerap informasi.
    B. Orang tua
    Mengembangkan bakat dan minat anak merupakan bagian dari tugas orang tua, oleh karena itu dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler disekolah akan mempermudah orang tua dalam berupaya mengetahui bakat dan minat anaknya .
    C. Dari sudut pandang sekolah
    Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler disekolah akan memberikan dampak yg positif dalam lingkungan sekolah, karena dapat membuat ciri khas atau skill terdiri yg dimiliki oleh sekolah tersebut
    D. Masyarakat
    Membantu menciptakan hubungan yg kondusif antara siswa sekolah dan masyarakat. Masyarakat sebagai tempat wadah bersosialisasi akan mendapatkan dampak positif dengan diadakan kegiatan ekstrakurikuler di lingkungan masyarakat

    Reply
  • April 2, 2018 at 3:22 am
    Permalink

    Manfaat ekstrakulikuler dari sudut
    A. anak :
    Menambah wawasan pengetahuan anak , sehingga anak akan terlatih pada akhirnya akan terbiasa untuk berfikir kritis dalam menyerap informasi.
    B. Orang tua
    Mengembangkan bakat dan minat anak merupakan bagian dari tugas orang tua, oleh karena itu dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler disekolah akan mempermudah orang tua dalam berupaya mengetahui bakat dan minat anaknya .
    C. Dari sudut pandang sekolah
    Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler disekolah akan memberikan dampak yg positif dalam lingkungan sekolah, karena dapat membuat ciri khas atau skill terdiri yg dimiliki oleh sekolah tersebut
    D. Masyarakat
    Membantu menciptakan hubungan yg kondusif antara siswa sekolah dan masyarakat. Masyarakat sebagai tempat wadah bersosialisasi akan mendapatkan dampak positif dengan diadakan kegiatan ekstrakurikuler di lingkungan masyarakat

    Reply
  • April 2, 2018 at 3:27 am
    Permalink

    Manfaat ekstrakurikuler :
    A. Bagi siswa
    Yaitu :
    1. Siswa dapat mengembangkan minat dan bakat yang dimilikinya dengan optimal melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang diikutinya
    2. Selain itu kegiatan ekstrakurikuler juga merupakan lahan emas bagi siswa dalam menorehkan prestasi
    3. Menjadikan siswa yang kreatif, inovatif dan beradab

    B. Bagi sekolah:
    Yaitu :
    1. Dengan menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler, sekolah tentu telah menyediakan pendidikan yang lengkap, dari sisi akademik maupun non akademik bagi siswa
    2. Prestasi yang dihasilkan dari kegiatan ekstrakurikuler pun dapat memberikan manfaat positif bagi sekolah, semakin banyak prestasiyang diraih, maka semakin meningkat pula kepercayaan masyarakat akan kualitasdan eksistensi dari sekolah tersebut.

    C. Bagi orang tua :
    Yaitu Dengan adanya ekstrakurikuler, orang tua dapat mengetahui minat dan bakat anaknya, orang tua akan merasakan bangga yang tersendiri. oleh karena itu Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler disekolah akan mempermudah orang tua dalam berupaya mengetahui bagaimana minat dan bakat dari anaknya, orang tua akan merasakan dampak positif tersendiri yang terjadi pada anaknya, seperti anak akan lebih disiplin dirumah, anak akan mulai membiasakan apa yang dikerjakan pada ekstrakurikuler juga akan diterapkannya dirumah seperti anak yang hobi memasak akan lebih sering membantu orang tua nya memasak dirumah dengan begitu orang tua akan merasakan dampak positif tersendiri terhadap kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan oleh anak disekolah

    D. Bagi masyarakat
    Yaitu dengan adanya ekstrakurikuler, dapat mencipatakan hubungan antar masyarakat, sekolah, dan siswa. Seperti kegiatan kepramukaan, ekstrakurikuler dalam bidang kesenian.
    1. Untuk menyediakan sedikit peluang yang dirancang untuk membantu siswa dalam memanfaatkan situasi guna memecahkan masalah yang dihadapi
    2. Untuk mempromosikan sekolah yang lebih baik kepada masyarakat.
    3. Untuk meningkatkan ketertarikan yang lebih besar pada masyarakat
    4. Untuk meningkatkan dorongan masyarakat kepada sekolah
    5. Untuk memberikan motivasi kepada masyarakat untuk tetap mendukung sekolah

    Reply
  • April 2, 2018 at 3:34 am
    Permalink

    Manfaat ekstrakulikuler
    A. Bagi siswa
    1. Menambah wawasan pengetahuan anak , sehingga anak akan terlatih pada akhirnya akan terbiasa untuk berfikir kritis dalam menyerap informasi.
    2. Menjadi kan anak mandiri Dan juga berkembang, bertanggung jawab dalam segala hal, membuat anak menjalani hidup sehat dengan ekstrakulikuler seperti olahraga dll

    B. Orang tua
    1. Mengembangkan bakat dan minat anak merupakan bagian dari tugas orang tua, oleh karena itu dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler disekolah akan mempermudah orang tua dalam berupaya mengetahui bakat dan minat anaknya .
    2. Orang tua dapat menambah kesadaran untuk lebih memberikan dukungan dan motivasi terhadap anak mengenai bakat yang diminati anak dalam kegiatan ekstrakurikuler .

    C. Dari sudut pandang sekolah
    1. Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler disekolah akan memberikan dampak yg positif dalam lingkungan sekolah, karena dapat membuat ciri khas atau skill terdiri yg dimiliki oleh sekolah tersebut
    2. Prestasi yang dihasilkan dari kegiatan ekstrakurikuler pun dapat memberikan manfaat positif bagi sekolah, semakin banyak prestasiyang diraih, maka semakin meningkat pula kepercayaan masyarakat akan kualitasdan eksistensi dari sekolah tersebut.

    D. Masyarakat
    Yaitu untuj membantu menciptakan hubungan yg kondusif antara siswa sekolah dan masyarakat. Masyarakat sebagai tempat wadah bersosialisasi akan mendapatkan dampak positif dengan diadakan kegiatan ekstrakurikuler di lingkungan masyarakat.

    Reply
  • April 2, 2018 at 3:35 am
    Permalink

    MANFAAT EKSTRAKULIKULER:
    1. Bagi anak
    Ekstrakulikuler akan berdampak positif bagi anak, dan akan menjadikan anak mandiri dan juga berkembang, bertanggung jawab dalam segala hal, membuat anak menjalani hidup sehat dengan ekstrakulikuler seperti olahraga dan lain-lain.

    2. Bagi orang tua
    Yaitu untuk Mengembangkan bakat dan minat anak tentu merupakan bagian dari tugas orang tua, oleh karena itu Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler disekolah akan mempermudah orang tua dalam berupaya mengetahui bagaimana minat dan bakat dari anaknya, orang tua akan merasakan dampak positif tersendiri yang terjadi pada anaknya, seperti anak akan lebih disiplin dirumah, anak akan mulai membiasakan apa yang dikerjakan pada ekstrakurikuler juga akan diterapkannya dirumah seperti anak yang hobi memasak akan lebih sering membantu orang tua nya memasak dirumah dengan begitu orang tua akan merasakan dampak positif tersendiri terhadap kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan oleh anak disekolah.

    3. Bagi sekolah
    Manfaat ekstrakulikuler di sekolah adalah didalam kegiatan ekstrakulikuler sekolah akan memberikan dampak yang sangat positif dalam lingkungan sekolah. Kegiatan ekstrakulikuler juga bisa membuat sekolah yang mengikuti olimpiade baik seperti olahraga maupun pengetahuan.

    4. Bagi masyarakat
    Anak akan mampu berinteraksi dan juga bersosialisasi secara baik dengan masyarakat. Serta menciptakan hubungan yang baik antara siswa, sekolah dan juga masyarakat.

    Reply
  • April 2, 2018 at 3:41 am
    Permalink

    Nama: Tessy widya heriany
    Nim :1586206095
    Kelas :Vb
    1.menurut sudut pandang anak : dengan adanya kegiatan ekstra kurikuler, anak akan mendapatkan wawasan Dan pengetahuan Yang lebih luas Dan percaya diri, Dan bisa mengatahui bakat Dan minat anak
    2. Orang tua : dengan adanya kegiatan ekstra kirikuler akan membantu orang tua Dan mengetahui minat Dan bakat anak, dmna nanti setelah tumbuh dewasa orang tua akan tau dmna anak ini akan didorongkan terhadap minat Dan hobinya tersebut.
    3. Sekolah : dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler di sekolah sisiwa nya akan lebih semangat untuk mengembangkan hobi Yang Ada didalam dirinya sendiri.
    4. Masyarakat : dengan adanya ekstrakurikuler masyarakat bisa dijadikan tempat bersosialisasi, contohnya dlm pengembangan ekstrakulikuler pramuka, dengan adnya perkemahan maka antara masyarakat Dan sekolah akan lebih bersosialosasi dengan bail.

    Reply
  • April 2, 2018 at 3:46 am
    Permalink

    Manfaat ekstrakulikuler
    A. Bagi siswa
    – Ilmu pengetahuan yang didapatkan siswa lebih kontekstual (nyata)
    – Sebagai ajang pengembangan ilmu pengetahuan siswa.
    -Melatih kemampuan berpikir anak
    B. Bagi orang tua
    Dengan adanya ekstrakulikuler orang tua akan tau apa bakat dan kemampuan yang dimiliki oleh anak nya sehingga dapat memberikan motivasi kepada anak nya tersebut.
    C. Bagi sekolah
    Ekstrakulikuler dapat menjadi penentu apakah sekolah sudah menyediakan pendidikan yang layak atau belum . Dan Prestasi yang dihasilkan dari ekstrakulikuler dapat memberikan manfaat yang positif terhadap sekolah.
    D. Bagi masyarakat
    Semakin banyak prestasi yang di raih dari ekstrakulikuler maka semakin meningkat pula kepercayaan masyarakat akan kualitas dan eksistensi dari sekolah tersebut .

    Reply
  • April 2, 2018 at 3:54 am
    Permalink

    1.Menurut sudut pandang anak : anak akan lebih mendapatkan wawsan yg luas Dan bisa mengembangkan minat Dan bakat anak tersebut dengan adanya ekstra kulikuler, Dan anak teebut akan merasa mempunyai tangung jawab
    2. Sekolah : dengan adanya ekstrakurikuler sekolah akan lebih bertangung jawab dlm membantu minat Dan bakat anak
    3. Orang tua: peran orang tua sangat penting untuk mengembangkan bakat anak, Dan orang tua bisa tau nanti dmna anak nya akan didorongkan apakah di minat atau di hobinya
    4. Masyarakat : dengan adanya ekstrakurikuler mansya akat akan tertarik untuk mengembangkan bakat anaknya di sekolah.

    Reply
  • April 2, 2018 at 4:04 am
    Permalink

    Manfaat ekstrakurikuler
    1.bagi siswa
    a.Wadah untuk mengembangkan potensi, bakat dan minat yang sudah dimiliki siswa.
    b.Upaya memupuk dan mengembangakan rasa tanggungjawabpribadi dan sosial siswa
    c.Dapat menciptakan suasana rileks, gembira dan menyenangkan
    d.Dapat memberikan bekal untuk mempersiapkan karir siswa.

    2. Bagi sekolah
    a. Dengan menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler, sekolah tentu telah menyediakan pendidikan yang lengkap, dari sisi akademik maupun non akademik bagi siswa
    b. Prestasi yang dihasilkan dari kegiatan ekstrakurikuler pun dapat memberikan manfaat positif bagi sekolah, semakin banyak prestasiyang diraih, maka semakin meningkat pula kepercayaan masyarakat akan kualitasdan eksistensi dari sekolah tersebut.
    3. Bagi orang tua :
    a. Dengan adanya ekstrakurikuler, orang tua dapat mengetahui minat dan bakat anaknya, orang tua akan merasakan bangga yang tersendiri
    4. Bagi masyarakat :
    a. Dengan adanya ekstrakurikuler, dapat mencipatakan hubungan antar masyarakat, sekolah, dan siswa. Seperti kegiatan kepramukaan, ekstrakurikuler dalam bidang kesenian.

    Reply
  • April 2, 2018 at 4:08 am
    Permalink

    Mamfaat ekstrakurikuler Menurut sudut pandang :
    1.anak : dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler anak membantu anak untuk mengembangkan bakat Dan minat anak tersebut Dan anak akan termotivasi untuk lebih berusaha mengembangkan bakat Yang Ada dalam diri anak tersebut.
    2. Sekolah : dengan adanya kegiatan ekstrakulikuler di sekolah, maka siswa lebih termotivasi untuk mengetahui minat apa Yang Ada di dalam diri siswa tersebut
    3. Orang tua: adanya ekstrakulikuler akan lebih membantu orang tua mengetahui minat anak nya, orang tua akan lebih tau dmna anak nya nanti setelah dewasa akan didoronhka keminat atau bakatnya
    4. Masyarakat : dengan adanya ekstrakulikuler masyarakat akan bisa berinteraksi dengan sekolah contohnya dalam ekstrakulikuler pramuka sekolah akan bisa melibatkan masyarakat dalam suatu perkemahan.

    Reply
  • April 2, 2018 at 4:08 am
    Permalink

    Manfaat ekstrakulikuler
    1. Bagi siswa
    – Menjadikan anak pribadi yang lebih mandiri
    -Menumbuhkan sikap berani dalam diri siswa
    -Tumbuh perasaan kasih sayang terhadap sesama
    2.bagi orang tua
    Dengan adanya ekstrakulikuler
    Orang tua dapat membantu mengembangkan minat anaknya .
    3. Bagi sekolah
    Kegiatan ekstrakulikuler di sekolah memang memiliki manfaat yang besar bagi siswa maupun bagi sekolah, tetapi di sisi lain sekolah maupun siswa harus pintar pintar mengatur waktu dan prioritas antara pendidikan akademis di dalam kelas dengan pendidikan non akademis dalam kegiatan ekstrakulikuler
    4. Bagi masyarakat
    Semakin banyak prestasi yang diraih maka semakin percaya masyarakat terhadap sekolah tersebut

    Reply
  • April 2, 2018 at 4:13 am
    Permalink

    Manfaat Ekstrakurikuler:

    Bagi anak: Hal-hal positif lainnya dari kegiatan ekstrakurikuler bagi anak adalah kegiatan ekstrakurikuler menjadi wadah untuk mengembangkan ilmu pengetahuan anak. Misalkan dalam kegiatan intrakurikuler anak diajarkan tentang kepemimpinan maka dalam kegiatan ekstrakurikuler anak akan lebih memaknai sikap kepemimpinan tersebut seperti seorang pemimpin harus memiliki sikap bertanggung jawab, berani, jujur, dapat dipercaya dll hal tersebut karena mereka mempraktekkan langsung tentang hal tersebut. Ibaratkan anak yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seperti pepatah sambil menyelam minum air, atau sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui.

    Bagi orangtua: untuk mensuport motivasi bagi anak, agar mengembangkan bakat anak lebih luas.

    Bagi sekolah: Wadah untuk mengembangkan potensi, bakat dan minat yang sudah dimiliki siswa.

    Upaya memupuk dan mengembangakan rasa tanggungjawab pribadi dan sosial siswa

    Dapat menciptakan suasana rileks, gembira dan menyenangkan

    Dapat memberikan bekal untuk mempersiapkan karir siswa.

    Bagi masyarakat: Meningkatkan hubungan antara sekolah dengan masyarakat dengan cara yang lebih baik (to promote better school and community relation).
    Mendorong masyarakat agar memberikan perhatian yang lebih besar guna membantu sekolah (to encourage greater community interest in an support of the school).

    Reply
  • April 2, 2018 at 4:15 am
    Permalink

    Maamfaat ektrakulikuler daru sudut pandang
    A. Anak
    Menyalurkan bakat, menyenangkan bagi anak membuat anak lebih mandiri, serta membuat anak bisa bertanggung jawab
    B. Bagi orang tua
    Memberikan motivasi untuk anak serta mendorong anak untuk sukses. Orangnya tau potensi anak di bidang bakatnya
    C. Sekolah
    Wadah untuk menyalurkan bakat anak tersebut. Sekokat berperan penting untuk mengembangkan bakat anak tersebut dengan cara menyediakan fasilitas yang layak.
    D. Masyarakat
    Agar anak bisa berinteraksi dengan masyarakat serta berhubungan baik anak sekolah dan masyarakat

    Reply
  • April 2, 2018 at 4:16 am
    Permalink

    Manfaat ekstrakulikuler
    1 Bagi siswa
    a. Menjadikan siswa kreatif, inovatif, dan beradab.
    b. Pendidikan dilaksanakan secara menarik dan menyenangkan siswa.
    c. Dapat mengakomodasi keragaman kecerdasan dan potensi siswa.
    d. Mempersiapkan siswa dalam menghadapi era globalisasi.
    e. Memperdalam prestasi yang dimiliki.

    2. Bagi orang tua
    Dengan adanya ekstrakulikuler orang tua dapat memotivasi bakat dan minat yang dimiliki oleh anak nya .

    3. Bagi sekolah
    a. Pendukung mata pelajaran.
    b. Mengangkat dan mengharumkan nama sekolah.
    c. Lebih mendekatkan pendidikan pada dunia riil.
    d. Memiliki fleksibelitas yang tinggi dari segi program dan kurikulum
    e. Sebagai tempat promosi sekolah kepada masyarakat.

    4. Bagi masyarakat
    Dengan prestasi yang dimiliki oleh sekolah maka masyarakat akan percaya atas kualitas dan eksistensi sekolah

    Reply
  • April 2, 2018 at 4:17 am
    Permalink

    1.anak : akan leboh menanbah wawasan anak Dan sehinga anak lebih terlatih untuk mengembangkan hobi Dan minat anak itu
    2. Orang tua: dengan mengembankan bakat Dan minat anak merupakan bagian dari tugas orang tua, supaya anak tersebut lebih mudah mengetahui bakat yg Ada pada dirinya
    3. Sekolah : sekolah akan lebih mudah memberikan hal Yang lebih positif karna kegiatan ekstrakulikuler memberikan crikhas atau skil yg Ada dlm diri anak tersebut
    4. Masyarakat : untuk lebih meningkatkan motivasi masyarakat untuk lebih kesekolah Dan akan membantu menciptakan hubugan yg kondusif antara siswa ,sekolah, Dan masyarakat

    Reply
  • April 2, 2018 at 4:22 am
    Permalink

    Manfaat ekstrakurikuler
    1. Bagi siswa
    A. Menjadikan siswa kreatif,inovatif
    B. Dapat mengakomodasi keragaman kecerdasan dan potensi siswa
    C. Mempersiapkan siswa dalam menghadapi era globalisasi
    D. Memperdalam prestasi yang di miliki
    2. Bagi sekolah
    A. Pendukung mata pelajaran
    B. Lebih mendektkan pendidikan pada dunia riil
    C. Sebagai tempat promosi sekolah kepada masyarakat
    D. Mengangkat dan menghrumkan nama sekolah
    3. Masyarakat
    A. Menciptakan hubungan antara masyarakat,siswa dan sekolah seperti kegiatan ekstrakurikuler
    4. Orang tua
    A. Dengan adanya ekstrakurikuler, orang tua mampu mengetahui minat dan bakat anaknya
    B. Dengan adanya ekstrakurikuler orang tua bangga melihat anaknya mengikuti ekstrakurikuler

    Reply
  • April 2, 2018 at 4:30 am
    Permalink

    A.Manfaat ekstrakulikuler bagi anak:
    1.bisa membuat tubuh anak lebih menjadi sehat
    2.dengan ada nya ekstrakulikuler anak bisa menyalurkan bakat nya
    3.bisa membuat anak menjadi disiplin dan bertanggung jawab
    B.orang tua:
    1.Dengan adanya ekstrakurikuler, orang tua dapat mengetahui minat dan bakat anaknya, orang tua akan merasakan bangga yang tersendiri
    C. Bagi masyarakat
    Agar anak bisa berinteraksi dengan masyarakat serta berhubungan baik anak sekolah dan masyarakat
    D.sekolah
    1.sebagai tempat melatih,mengembangkan minat dan bakat peserta didik.
    2.sebagi penyalur bibit minat dan bakat anak.

    Reply
  • April 2, 2018 at 4:47 am
    Permalink

    Sudut pandang manfaat ekstrakulikuler:

    A. Anak
    1.Anak akan belajar cara mengatur waktu
    Dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler anak akan memiliki banyak kegiatan yang menuntut mereka memiliki kemampuan untuk mengatur waktu dengan baik. Dengan melakukan manajemen waktu yang baik, saat dewasa anak akan tumbuh menjadi pribadi yang disiplin, berkomitmen, dan bertanggung jawab.
    2.Anak akan lebih percaya diri
    Jika anak mampu mengembangkan potensinya dengan baik, secara tidak langsung mereka juga dapat menumbuhkan rasa percaya diri yang sebelumnya tidak dimiliki.
    Keahlian dan keterampilan dalam sebuah bidang akan membuat anak merasa mereka istimewa. Perasaan inilah yang membuat rasa percaya diri mereka muncul sehingga kelak anak bisa menjadi pribadi yang tangguh dan tidak takut untuk menunjukkan siapa diri mereka sebenarnya.
    3. Anak akan memiliki kemampuan sosial yang baik
    Seperti yang kita tahu, kegiatan ekstrakurikuler biasanya diikuti oleh beberapa siswa dengan latar belakang bakat dan minat yang sama meskipun sekolah atau kelas mereka berbeda. Karena bertemu dengan orang-orang baru inilah, secara otomatis anak akan mengembangkan kemampuan mereka untuk bersosialisasi dan berinteraksi.
    4. Anak dapat menyalurkan energi dan kreativitasnya
    Salah satu manfaat kegiatan luar sekolah adalah untuk menyalurkan bakat dan minat anak termasuk di dalamnya energi dan kreativitas yang dimiliki.
    5. Terhindar dari resiko stres
    Ketika anak harus melakukan banyak kegiatan di antara serangkaian rutinitas yang harus dijalani setiap hari, kemungkinan untuk cepat bosan dan menderita stres akan semakin meningkat.
    Agar hal ini tidak terjadi, selingi kegiatan-kegiatan wajib tersebut dengan kegiatan ekstrakurikuler yang mereka minati.

    B. Orang tua
    Kegiatan ektrakurikuler dilakukan disekolah tapi juga berdampak dirumah atau keluarga. Dengan adanya kegiatan ektrakulikuler orang tua dapat mengetahui potensi yang dimiliki anak sehingga dapat disalurkan ke yang diminatinya.

    C. Sekolah
    Dengan adanya kegiatan ektrakulikuler dapat memberikan manfaat diantaranya:
    1. Dapat menjadi pendukung mata pelajaran yang lain, dengan adanya kolaborasi tersebut dapat mengurangi tingkat kebosan atau kejenuhan.
    2. Sebagai tempat promosi bagi sekolah
    3. Di ektrakulikuler dapat menyalurkan bakat anak, dan dapat mengukir prestasi sehingga mengaharumkan nama sekolah.

    D. Masyarakat
    Anak yang mengikuti kegiatan ektrakulikuler akan memiliki kemampuan sosial yang baik. Seperti yang kita tahu, kegiatan ekstrakurikuler biasanya diikuti oleh beberapa siswa dengan latar belakang bakat dan minat yang sama meskipun sekolah atau kelas mereka berbeda. Karena bertemu dengan orang-orang baru inilah, secara otomatis anak akan mengembangkan kemampuan mereka untuk bersosialisasi dan berinteraksi.
    Kemampuan untuk bersosialisasi dan berinteramsi ini akan berguna dalam bermasyarakat.

    Reply
  • April 2, 2018 at 4:48 am
    Permalink

    Manfaat bagi orang tua
    1.Mengetahui potensi anaknya
    2.dapat mendukung potensi minat dan bakat

    Manfaat Ekstrakulikuler bagi siswa :

    1.     siswa dapat mengembangkan minat dan bakat yang dimilikinya dengan optimal melalui berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh ekstrakulikuler yang diikutinya.

    2.      Selain itu kegiatan ekstrakulikuler juga merupakan lahan emas bagi siswa dalam menorehkan prestasi, melalui ekstrakulikuler maka siswa akan turut aktif juga mengikuti berbagai perlombaan sesuai dengan ekstrakulikuler yang dipilihnya.

    3.    

    Manfaat Ekstrakurikuler bagi sekolah :

    1.     Dengan menyelenggarakan kegiatan ekstrakulikuler, sekolah tentu telah menyediakan pendidikan yang lengkap, dari sisi akademik maupun non akademik bagi siswa.

    2.     . Prestasi yang dihasilkan dari kegiatan ekstrakulikuler pun dapat memberikan manfaat yang positif bagi sekolah, semakin banyak prestasi yang diraih maka semakin meningkat pula kepercayaan masyarakat akan kualitas dan eksistensi dari sekolah tersebut.         
    Mamfaat bagi masyarakat
    1.anak akan mampu bersosialisasi dengan baik
    2. Mampu berinteraksi dengan baik                                                                                        

    Reply
  • April 2, 2018 at 4:57 am
    Permalink

    Manfaat ekstrakulikuler :
    A. Bagi anak :
    1. Lebih percaya diri
    2. Belajar bertanggung jawab.
    3. Sebagai ajang pengembangan ilmu pengetahuan siswa.
    4. Melatih kemampuan berfikir anak.
    5. Mengajarkan anak tentang pentingnya kerja sama.
    6. Menjadikan siswa kretif, inovatif, dan beradab.
    7. Pendidikan dilaksanakan secara menarik dan menyenangkan bagi siswa.
    8. Dapat mengakomodasi keragaman kecerdasan dan potensi siswa.
    9. Mempersiapkan siswa dalam menghadapi era globalisasi.
    10. Memperdalam prestasi yang dimiliki.

    B. Bagi sekolah :
    1. Memiliki fleksibelitas yang tinggi dari segi program dan kurikulum.
    2. Sebagai tempat promosi sekolah pada masyarakat.
    3. Lebih mendekatkan pendidikan pada dunia riil.
    4. Pendukung mata pelajaran.
    5. Mengangkat dan mengharumkan nama sekolah.

    C. Bagi orangtua :
    1. Dengan adanya ekstrakulikuler, para orang tua dapat mengetahui bakat dan minat anaknya dengan baik. Melalui ekstrakulikuler orang tua akan dapat memahami keinginan minat anaknya, dan anak pun dapat bersosialisasi dengan temannya lebih baik dan aktif.

    D. Bagi masyarakat :
    Anak akan mampu berinteraksi dan juga bersosialisasi secara baik dengan masyarakat. Serta menciptakan hubungan yang baik antara siswa, sekolah dan juga masyarakat.

    Reply
  • April 2, 2018 at 4:58 am
    Permalink

    Imelda jepita
    Manfaat bagi siswa
    1.bisa membuat tubuh anak lebih menjadi sehat
    2.dengan ada nya ekstrakulikuler anak bisa menyalurkan bakat nya
    3.bisa membuat anak menjadi disiplin dan bertanggung jawab
    4.Anak akan lebih percaya diri
    5.Anak dapat menyalurkan energi dan kreativitasnya
    Manfaat bagi sekolah
    1. Dapat menjadi pendukung mata pelajaran yang lain, dengan adanya kolaborasi tersebut dapat mengurangi tingkat kebosan atau kejenuhan.
    2. Sebagai tempat promosi bagi sekolah
    3. Di ektrakulikuler dapat menyalurkan bakat anak, dan dapat mengukir prestasi sehingga mengaharumkan nama sekolah.
    4.sebagai tempat melatih,mengembangkan minat dan bakat peserta didik.
    5.sebagi penyalur bibit minat dan bakat anak.
    Bagi orangtua
    1.Mengetahui potensi anaknya
    2.dapat mendukung potensi minat dan bakat
    Bagi masyarakat
    1.untuk meningkatkan ketertarikan yang lebih besar kepada masyarakat
    2.untuk memberikan motivasi kepada masyarakat

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.