Direktur Pembinaan PAUD: Tidak Ada Satupun Aturan Yang Menyatakan Wajib Membaca di PAUD

Jakarta– Tidak Ada Satupun Aturan Yang Menyatakan Wajib Membaca di PAUD, hal tersebut disampaikan Direktur Pembinaan PAUD, Ella Yulaelawati, pada acara opini yang disiarkan secara langsung di Kompas TV (6/3). “Justru saya ingin bertanya, aturan darimana yang menyebutkan bahwa ada kewajiban membaca di TK?”, ujar Ella.

Memang sudah diketahui bersama, terdapat beberapa sekolah dasar baik negeri maupun swasta yang mensyaratkat untuk siswa bisa membaca untuk bisa diterima masuk di sekolah tersebut. Menanggapi hal tersebut, Ella menyebutkan ada 2 hal yang menjadi alasan mengapa hal tersebut terjadi, yang pertama adalah itu merupakan kebijakan dari sekolah yang menerapkannya untuk membatasi jumlah anak yang masuk ke sekolah tersebut, karena banyak anak usia dibawah 7 tahun yang sudah ingin masuk sekolah dasar. Yang kedua adalah keinginan sekolah untuk mendapatkan siswa yang sudah siap, padahal ttugas untuk mengajarkan membaca ada di guru sekolah dasar.

Lebih lanjut Ella menyebutkan sesuai dengan kurikulum 2013 PAUD terdapat 6 bidang pengembangan yang harus ada di PAUD. “6 bidang pengembangan tersebut adalah nilai agama dan moral, fisik dan motorik, bahasa, kognitif, sosial dan emosional, dan seni. Keenam bidang tersebutlah yang harus disiapkan sebelum anak masuk sekolah dasar, bukan kemampuan untuk membaca”, ungkap Ella.

Pendidikan anak usia dini memang tidak diwajibkan untuk membaca, tapi harus dimotivasi untuk minat membaca melalui pengenalan pra keaksaraan seperti menyanyi, berbicara dengan anak, mendongeng, dan membaca lantang.

PAUD adalah jenjang

Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan sebuah jenjang dari pendidikan, sama seperti pendidikan dasar, maupun pendidikan menengah. Selama ini banyak masyarakat yang salah mengartikan PAUD sebagai jenis pendidikan. Jenis Pendidikan di PAUD itu sendiri terdiri dari 4 yaitu Taman Kanak-Kanak (TK), Kelompok Bermain (KB)/Playgroup, Taman Penitipan Anak (TPA)/Daycare, dan Satuan PAUD Sejenis.

Baca Asilinya

PG-PAUD Universitas Pahlawan

Salah Satu Prodi pada Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Dikenal dengan Prodi PG-PAUD Tambusai mempunyai Visi Menghasilkan Lulusan sebagai Guru PAUD Profesional pada lembaga PAUD dan mempunyai jiwa Wirausaha.

One thought on “Direktur Pembinaan PAUD: Tidak Ada Satupun Aturan Yang Menyatakan Wajib Membaca di PAUD

Leave a Reply

Your email address will not be published.