Cara Mencari Jurnal Terindeks Scopus melalui SINTA

Aassalamualaikum Wr. Wb.

Indeksasi Scopus masih menjadi tolok ukur kredibelitas sebuah artikel karya ilmiah, walaupun menuai pro dan kontra dari kalangan pakar pendidikan di Indonesia. Kebijakan dari Ristekdikti masih belum bergeming dari target Scopus utamanya bagi dosen yang mempunyai jabatan fungsioanal Lektor Kepala dan Guru Besar.

Pada postingan ini kami kutip Broadcast dari Forum Pengelola Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi melalui Whatsapp sebagai berikut ;

Bapak/Ibu dosen yang kami hormati, kebutuhan untuk publikasi saat ini semakin tinggi. Kita selalu berkeinginan untuk mengirimkan naskah kita ke jurnal yang sudah terakreditasi bahkan yang terindeks Scopus, namun sudahkah kita tahu dimana mencari informasi itu? Khususnya untuk jurnal yang di terbitkan di Indonesia.

Jangan habiskan waktu bapak/ibu hanya dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan jurnalnya sudah terakreditasi belum? Atau jurnalnya terindeks Scopus?”. Secara tidak langsung ini juga melukai pengelola Jurnal, mengelola jurnal bukan sebuah pekerjaan yang gampang terlebih untuk mendapatkan akreditasi bahkan terindeks Scopus.

Bila bapak/ibu memang ingin mencari jurnal dari Indonesia yang sudah terakreditasi maupun terindeks Scopus, silahkan cek di SINTA (http://sinta2.ristekdikti.go.id/journals ) pilih S1 atau S2. Pemerintah telah menyediakan informasi secara terbuka jurnal dari Indonesia yang terakreditasi dan terindeks Scopus.

Silahkan dimanfaatkan, dan mulai hindari mengajukan pertanyaan yang memang tidak diperlukan. Sebelum mengajukan pertanyaan cek terlebih dahulu laman jurnalnya. Apakah informasi yang Anda butuhkan tersedia disana atau tidak.

Selain itu, mari bersama perkuat jurnal dari Indonesia dengan cara mengirimkan naskah terbaik Anda ke jurnal dalam negeri, agar pengelolaan dan kualitas paper di jurnal dalam negeri semakin meningkat.
Sumber : Forum Pengelola Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi

Unuk memudahkan silahkan klik link dibawah ini;


Demikian postingan ini semoga bermanfaat, Amin (mf)

Wassalamualaikum Wr. Wb.

PG-PAUD Universitas Pahlawan

Salah Satu Prodi pada Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Dikenal dengan Prodi PG-PAUD Tambusai mempunyai Visi Menghasilkan Lulusan sebagai Guru PAUD Profesional pada lembaga PAUD dan mempunyai jiwa Wirausaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.