Jurnal Obsesi Terindeks di Portal Garuda Indonesian Publication Index (IPI)

Alhamdulillah hari ini tanggal 6 Januari 2018 Jurnal Obsesi mendapatkan satu lagi pengindeks nasional yakni Portal garuda IPI . Klik pada Logo untuk melihat Jurnal Obsesi pada Portal Garuda IPI
Klik logo untuk melihat artikel Jurnal Obsesi pada IPI

Portal Garuda IPI (Indonesian Publication Index) adalah suatu gerbang penelusuran, indeksasi, abstraksi, monitoring, dan untuk peningkatan standar kualitas publikasi ilmiah di Indonesia. Portal ini diinisiasi oleh suatu komunitas ilmuan yang bernama Institute of Advanced Engineering and Science atau disingkat IAES, khususnya IAES Indonesian Section. IAES merupakan suatu lembaga non-profit yang bertujuan untuk memajukan keilmuan Indonesia melalui beberapa kegiatan ilmiah termasuk publikasi ilmiah berupa jurnal, workshop, dan seminar International. IPI mulai dibangun tahun 2012 dan mengalami beberapa kali perubahan tampilan maupun fungsi. Website resmi IPI adalah portalgaruda.org

Website ini dibangun dengan arsitektur yang memudahkan untuk memanen artikel jurnal baru secara otomatis dan juga akan meng-update otomatis secara berkala. Beberapa fasilitas utama yang disediakan dalam portal garuda IPI adalah :

  1. Pencarian; meliputi pencarian artikel, pencarian penulis, pencarian sumber (jurnal dan prosiding), pencarian penerbit
  2. Penelusuran; meliputi penelusuran sumber Penerbit, sumber Jurnal/Prosiding, penelusuran artikel
  3. Unduhan Sitasi; Fasilitas ini untuk memudahkan para pengunjung mengunduh metadata artikel yang disebut dengan sitasi dengan beberapa format seperti BibTex dan RIS (EndNote,Procite)
  4. Unduhan fulltext dalam format PDF; Para pengunjung bisa mengunduh fulltext dalam format PDF secara mudah.
  5. Laporan Jurnal (journal Report); Pengelola jurnal maupun bisa melihat laporan akses ke jurnal yang ada di IPI. Laporan meliputi jumlah paper yang dilihat oleh pengunjung, fulltext PDF yang didownload, dan laporan mengenai sebaran kota di seluruh dunia yang mengakses artikel jurnal tersebut. Dalam laporan juga menampilkan statistik artikel yang paling banyak diunduh.

Mesin IPI sangat bersahabat dengan sistem pengelolaan jurnal OJS (Open Journal System). Portal Garuda IPI dengan mudah bisa berkomunikasi dengan jurnal-jurnal yang dibangun menggunakan sistem OJS tersebut. Sehingga IPI merekomendasikan sistem tersebut untuk dipakai oleh para pengelola jurnal di Indonesia. Para pengelola jurnal yang ingin jurnalnya di index oleh Portal Garuda IPI dipersilahkan untuk mengisi form yang disediakan di web http://portalgaruda.org/?ref=about&mod=newsuggest selengkap mungkin. Pihak penyeleksi IPI selanjutnya akan menilai kriteria yang ditentukan dan memutuskan apakah jurnal tersebut disetujuan ataukah tidak. (sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Portal_Garuda_Indonesian_Publication_Index)

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) berusaha lebih meningkat baik dari sisi kualitas artikel yang dipublikasikan maupun keajegan dalam mempublikasikan. Mudah-mudahan Jurnal Obsesi dapat memberikan manfaat dalam menambah khazanah keilmuan utamanya bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan dapat menjadi media bagi para peneliti dalam mempublikasikan hasil penelitiannya.

PG-PAUD Universitas Pahlawan

Salah Satu Prodi pada Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Dikenal dengan Prodi PG-PAUD Tambusai mempunyai Visi Menghasilkan Lulusan sebagai Guru PAUD Profesional pada lembaga PAUD dan mempunyai jiwa Wirausaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published.