Pojok Kunsultasi Prodi PG-PAUD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Pojok Konsultasi Prodi PG-PAUD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai diasuh oleh Dosen – Dosen Prodi dimaksudkan untuk memberikan solusi bagi pengelola lembaga PAUD, Guru PAUD, dan masyarakat pada umumnya terkait Pendidikan Anak Usia Dini, baik formal, nonformal maupun informal.

Pertanyaan ataupun permasalahan dapat diketik dibawah postingan ini dan akan diberikan respon oleh pengasuh pojok konsultasi ini.

Semoga media ini dapat bermanfaat bagi perkembangan pendidikan anak usia dini dan peningkatan pengetahuan mengenai pendidikan anak usia dini.

Terima kasih

Pengasuh
ttd
Joni, M.Pd.

PG-PAUD Universitas Pahlawan

Salah Satu Prodi pada Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Dikenal dengan Prodi PG-PAUD Tambusai mempunyai Visi Menghasilkan Lulusan sebagai Guru PAUD Profesional pada lembaga PAUD dan mempunyai jiwa Wirausaha.

4 thoughts on “Pojok Kunsultasi Prodi PG-PAUD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

  • October 18, 2018 at 4:33 am
    Permalink

    Assalamualalaikum Wr. Wb.

    Perkenalkan saya Fauziah dari Kampar
    Anak saya usia 5 tahun, susah dibangunkan pagi hari, dan kurang motivasi berangkat sekolah
    Apa solusi yang bisa diberikan ?
    Mohon pencerahannya, terima kasih

    Wassalamualaikum Wr. Wb.

    Reply
    • November 1, 2018 at 8:37 am
      Permalink

      wassalamu’alaikum. wr. wb
      untuk bunda fauziah dari kampar, masalah yang ibu hadapi adalah masalah yang umum terjadi pada anak usia pra sekolah dimana kebiasaan bangun pagi mungkin belum terbagun/terkonstruksi dengan baik, sehingga dibutuhkan kesabaran yang extra untuk membiasakan anak bagun pagi, namun demikian ada yang perlu diobservasi terlebih dahulu, sebelum memberikan tindakan:
      1. apakah penyebab utama anak susah dibangunkan di pagi hari? apakah karena lambat tidur sehingga pagi hari masih mengantuk ataukah memang tidak ada penyebab lain (karena memang susah dibangunkan)
      2. apa susah bangun di pagi hari sudah menjadi kebiasaan lama? sudah berapa lama?
      jika sudah diperoleh informasi dari observasi tersebut maka yang kita lakukan adalah: jika susah bangun karena lambat tidur maka jadwal tidurnya yang dipercepat, denga cara mebatasi kegiatan anak di malam hari (seperti main game dll) namun jika karena memang kebiasaan anak, maka diperlukan membuat kebiasaan baru yaitu mudah bangun, nah…caranya bagaimana? caranya dengan membangun secara konsisten (cara dan waktunya) misalnya anak dibangunkan saat adzan subuh ya lakukan itu setiap adzan subuh bangunkan…setiap adzan subuh bangunkan ini membutuhkan waktu lama, jangan beri kelonggaran maksud saya jika anak sudah bangun jangan biarkan dia kembali tidur atau menarik selimutnya, begitu bangun harus ada kegiatan lanjutan seperti wudlu atau sholat dll sampa nanti begitu mendengar adzan subuh anak akan langsung bangun sebagai tambahan catatan dalam membiasakan anak bangun pagi harus ada unsur “tega” tambahkan juga reward jika diperlukan sebagai pengukuhan positive

      untuk pertanyaan ke 2 anak tidak termotivasi berangkat sekolah: pertama perlu disampai bahwa saat ini rata-rata sekolah belum bisa menghadirkan kenyaman di sekolah seperti kenyamanan di rumah, yang kedua sekolah belum bisa menciptan suasana yang menarik dan bekesan bagai anak, maka terjadilah seperti yang anak bunda rasakan, maka apa yang perlu kita lakukan? selidiki terlebih dahulu apa penyebab utama anak tidak semangat ke sekolah, apakah anak bosan dengan situasi sekolah? bosan dengan situasi pertemanan? apakah bosan dengan PBM di sekolah? jika sudah diperoleh informasi baru kita bisa memberikan tindakan apa yang pas bagi anak bunda, jika tidak semua tidak ada masalah maka diperlukan orangtualah yang harus menjadi motivasi extrinsict bagi anak untuk sekolah jangan lupa bangun komunikasi dengan pihak sekolah, demikian bunda fauziah

      Reply
  • November 15, 2018 at 2:43 am
    Permalink

    Assalamu’alaikum, wr. wb
    perkenalkan nama saya ibu zuhro, mau konsultasi kepada bapak pengasuh rubrik ini (bpk joni), bagaimana memutus kecanduan anak terhadap HP/Smartphone, demikian saja pak atas jawabannya terimakasih

    Reply
    • December 17, 2018 at 4:40 am
      Permalink

      wassalamu’alaikum, wr. wb
      ibu zuhro yang terhormat:
      Jika anda memiliki anak yang sudah mengalami kecanduan gadget, maka jangan hanya tinggal diam, melainkan carilah cara atau panduan untuk menghilangkannya. Sebab itu sangat tidak baik untuk kemajuan cara berpikir anak.

      Sedangkan kita tahu bahwa anak adalah aset yang harus dijaga karena merupakan titipan dari Tuhan. Untuk anda yang mungkin sedang mengalami permasalahan tentang anak yang kecanduan gadget, maka berikut ini adalah tips untuk menghilangkan kecanduan tersebut.

      10 CARA MENGHILANGKAN ANAK KECANDUAN GADGET
      Jika seorang anak sudah mulai kecanduan gadget akan berdampak negatif karena kemana pun ia pergi tentu tidak bisa lepas dari gadget tersebut, bahkan makan pun bisa jadi akan dibawa. Selain itu, saking asiknya bermain gadget maka anak akan lupa untuk belajar, bergaul dengan teman, dan akan malas untuk pergi ke sekolah.

      Mengapa tidak? Dalam gadget ada banyak hal yang membuat anak anda merasa betah, apalagi jika sudah banyak game-game yang seru, tentu mereka akan lebih memilih duduk di rumah bermain gadget. Tentu anda tidak mau stres karena anak anda kecanduan gadget bukan? Maka lakukanlah tips berikut ini.

      1. BERIKAN BATASAN WAKTU KEPADA ANAK
      Anda bisa memberikan batasan waktu kepada anak anda untuk bermain gadget. Anda dalam hal ini harus tegas dan jangan membiarkan anak anda terlalu asik bermain gadget. Apabila anda membiarkan anak anda, maka yang ada akan semakin kecanduan, terlebih lagi jika gadget yang anda berikan mendukung banyak game-game dan fitur-fitur lain yang mumpuni. Maka anak anda akan sulit untuk terlepas dari gadget tersebut.

      2. BERIKANLAH MAINAN ALTERNATIF
      Berikanlah mainan alternatif seperti boneka atau mobil-mobilan. Pada dasarnya cara ini kurang efektif, tetapi setidaknya anak anda masih memiliki beberapa pilihan mainan yang bisa untuk dimainkan. Selain itu, jika anda memang melihat banyak kawan di luar rumah, biarkanlah dia bermain dengan mereka asalkan tidak berbahaya.

      3. LUANGKAN WAKTU ANDA UNTUK ANAK
      Apabila anda menginginkan si anak tidak kecanduan gadget maka ada baiknya anda meluangkan waktu untuk bermain bersama anak. Perlu anda ketahui salah satu alasan mereka memilih bermain gadget karena merasa kesepian dan kurang perhatian dari orang tuanya. Oleh karena itulah, jangan sibuk bekerja melulu tetapi luangkan waktu untuk si kecil.

      4. BIARKAN ANAK ANDA BERMAIN DI LUAR
      Pada umumnya orang tua tidak menginginkan si kecil bermain di luar rumah. Memang mereka memiliki tujuan baik yakni ingin melindungi anak dari berbagai hal yang buruk yang akan menimpanya. Seperti misalnya ajakan dari teman-temannya yang kurang baik, bicara yang kurang baik, takut bajunya kotor dan masih banyak yang lain. Namun ada baiknya anda memberi kesempatan walau hanya sedikit untuk bermain di luar rumah supaya tidak kesepian dan pastinya bisa sejenak terlupa dengan gadget.

      5. BATASI PENGUNAAN JARINGAN INTERNET DI RUMAH
      Pada dasarnya bukan hal yang baru lagi jika para orang tua memasang koneksi internet di rumahnya yang membuat mereka akan mudah dalam mengakses internet. Namun perlu anda ketahui bahwa hal itu juga yang dapat menyebabkan anak anda kecanduan gadget. Sambungan internet yang mudah mereka dapatkan akan mendukung aksi mereka untuk semakin mencintai kehidupan dunia maya. Maka tak heran jika anak anda akan indifidualis mengurung diri di kamar bermain internet. Maka dari itulah anda patut untuk membatasi penggunaan jaringan internet di luar kebutuhan anda.

      6. SIBUKAN WAKTU KEGIATAN ANAK
      Semakin banyak waktu yang dimiliki oleh anak maka akan semakin banyak peluang untuk merasa bosan. Ketika sudah bosan maka anak akan cenderung memilih untuk bermain gadget. Dari situlah anak akan merasa kecanduan dan sulit untuk lepas. Maka tidak ada salahnya anda memberi kesibukan yang bermanfaat untuk anak anda seperti: les bernyanyi, les piano, les bahasa inggris dan lain sebagainya.

      7. DISKUSIKAN PADA ANAK-ANAK ANDA
      Cara yang paling efektif untuk menghilangkan kecanduan gadget adalah mendiskusikan kepada anak-anak anda. Jelaskan pada anak anda mengapa anda membatasi penggunaan gadget, katakan padanya bahwa hal itu dilakukan semata-mata untuk kebaikan mereka. Selain itu, berikanlah pemahaman yang logis kepada mereka jika sudah kecanduan dengan gadget maka akan banyak dampak yang ditimbulkan, seperti: insomia, indifidual yang nantinya akan menyulitkan kehidupannya dimasa yang akan datang.

      8. AJAKLAH ANAK UNTUK BERMAIN MENGENALI ALAM SEMESTA
      Ketika anda sudah tidak ada pekerjaan di kantornya maka tidak ada salahnya untuk mengajak anak-anak anda untuk jalan-jalan di waktu sore hari. Tentu dengan menikmati pemandangan yang indah disekitar rumah atau dimana saja yang dirasa indah ketika sore tiba. Dengan begitu mereka akan sejenak lupa dengan gadgetnya, karena asik menikmati pemandangan alam yang sangat menyenangkan.

      9. BERIKANLAH SPIRIT ATAU REWORD KEPADA ANAK ANDA
      Berikanlah motifasi kepada si anak ketika bisa berhasil untuk mengurangi jumlah frekuensi bermain gadgetnya. Berikanlah hadiah secara bertahap, sehingga anak anda akan memiliki keinginan kuat untuk tidak terlalu intens bermain gadget.

      10. AJAKLAH ANAK ANDA UNTUK BERSOSIALISASI DENGAN TEMAN SEBAYANYA
      Bisa jadi anak bermain gadget karena tidak ada aktifitas bermain dengan teman yang menyenangkan dengan teman sebayanya. Maka dari itulah orang tua perlu mengajak anak untuk bermain kepada teman sebayanya, anda bisa mengundang teman-temannya untuk ke rumah atau bisa mengajaknya untuk berkunjung ke rumah sahabatnya di sekolah. Dengan banyak teman maka dia akan memiliki kesibukan baru dan bisa lupa dengan gadgetnya.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.