Larangan Keras Bagi Dosen Menerima Hadiah dari Mahasiswa

Salah satu bentuk hadiah pada Dosen

Assalamualaikum

Seringkali kita jumpai di kalangan perguruan tinggi, mahasiswa memberikan hadiah kepada dosen, niatnya bermacam-macam, sebagai rasa terima kasih sudah dibimbing, wujud pernghormatan kepada dosen, dan mungkin juga ada niat lainnya.

Dikhawatirkan dengan adanya budaya pemberian hadiah, akan menyusahkan bahkan menyengsarakan mahasiswa, utamanya bagi mahasiswa yang memiliki keterbatasan dana.

Untuk itulah Menristekdikti mengeluarkan Surat Edaran pelarangan kepada dosen menerima hadiah dari mahasiswa. Larangan ini sudah lama diterapkan di Negara Malasya dan negara-negara yang maju pendidikannya.

Sudah waktunya pendidikan kita bersih dari yang namanya hadiah, gratifikasi dan lain-lain, terlebih jika dosen yang secara terang terangan meminta dan menyebutkan hadiah yang harus diberikan mahasiswa bahkan disertai ancaman nilai rendah atau tidak diluluskan, sungguh sangat ironis

Berikut ini kutipan surat edaran tersebut :

Surat Edaran : Larangan Menerima Hadiah

Larangan Menerima Hadiah
Kepada Yth.
1. Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri di lingkungan Kemenristekdikti;
2. Koordinator Perguruan Tinggi Swasta I s.d XIV; dan
3. Dosen di Lingkungan Kemenristekdikti.
Dalam rangka implementasi UU No.12/2012 tentang Pendidikan Tinggi yang mengamanahkan bahwa pendidikan tinggi merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional yang memiliki peran strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora serta pembudayaan dan pemberdayaan bangsa Indonesia yang berkelanjutan, serta mengingat beberapa peraturan teknis yang berkaitan dengan dosen dan pendidikan tinggi, maka dengan ini kami sampaikan beberapa hal sebagai berikut :
1. Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi melalui Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat;
2. Dosen dalam melaksanakan tugasnya mempunyai kewenangan dan akuntabilitas sebagai mentor, pendidik, penilai dan role model bagi para mahasiswa. Dengan demikian, untuk menjaga integritas hubungan pedagogis antara dosen dan mahasiswa, serta integritas proses akademik, dosen dilarang menerima dan/atau meminta hadiah/gratifikasi/pemberian apapun dari mahasiswa atau siapapun yang berhubungan dengan tugasnya sebagai dosen. Sebaliknya, mahasiswa juga dilarang memberi hadiah/gratifikasi/pemberian apapun kepada dosen dengan alasan apapun;
3. Pelanggaran terhadap hal sebagaimana dimaksud pada butir (2) akan dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.
Demikian surat edaran ini untuk dijadikan pedoman,dan mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan. Atas perhatian dan kerjasama yang baik kami ucapkan terima kasih.
Jakarta, 23 Februari 2017
Direktur Jenderal,
TTD
Intan Ahmad
Tembusan :
Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi
Surat Edaran Download Disini
Untuk itu bagi Mahasiswa utamanya program studi PG-PAUD dilarang memberikan hadiah kepada dosen dengan alasan dan dalih apapun.
Demikian informasi semoga bermanfaat, Amin
Wassalamualaikum

PG-PAUD Universitas Pahlawan

Salah Satu Prodi pada Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Dikenal dengan Prodi PG-PAUD Tambusai mempunyai Visi Menghasilkan Lulusan sebagai Guru PAUD Profesional pada lembaga PAUD dan mempunyai jiwa Wirausaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published.