Deskripsi Mata Kuliah Semester Genap Tahun Akademik 2016-2017


Deskripsi Mata Kuliah Semester Genap Tahun Akademik 2016-2017 

Materi program Sarjana (S-1) PG-PAUD sebagai program pendidikan akademik, merupakan rangkaian materi ajaran dan kegiatan yang fungsinya membina dan mengintergrasikan berbagai substansi keilmuan dan teknologi yang diarahkan kepada penguasaan akademik dan wawasan keberadaan dan kondisinya di lapangan terutama berkenaan dengan jalur, jenis dan jenjang pendidikan untuk anak usia dini. 
Pokok materi kurikulum yang disusun dalam bentuk matakuliah-matakuliah dan merupakan penjabaran dari kurikulum inti dan institusional di STKIP Pahlawan Tuanku Tambusai yang terkait langsung dengan bahan kajian umum dan khusus (Pendidikan Anak Usia Dini). 

Berikut disajikan pokok materi tersebut 

Angkatan 2016 Menggunakan Kurikulum 2016 

SEMESTER II 
1. PSIKOLOGI PENDIDIKAN 
Deskripsi : Matakuliah ini membahas tentang: sifat dan hakekat kejiwaan manusia; pertumbuhan dan perkembangan; hereditas dan lingkungan; intelegensi; tinjauan psikologis tentang belajar; dan pemikiran ke arah aplikasi psikologi belajar 
Tujuan : Mahasiswa mampu memahami latar belakang mengapa di sekolah membutuhkan psikologi pendidikan, memahami psikologi pendidikan dan mampu menerapkan keilmuan psikologi di sekolah.
2. FILSAFAT PENDIDIKAN 

Deskripsi : Filsafat yang memberikan landasan pada teori dan praktik pendidikan disebut dengan Filsafat Pendidikan. Oleh karena itu, calon pendidik, melalui Filsafat Pendidikan, dibantu memperoleh bekal-bekal dasar yang terkait dengan memahami, menjalankan, dan memecahkan berbagai persoalan dalam pendidikan secara filosofis meliputi hakikat pendidikan, manusia, aliran dan pemikiran filsafat pendidikan, serta praktek pendidikan di Indonesia dalam ditinjau dari filsafat pendidikan. Mata kuliah ini bersama mata kuliah Ilmu Pendidikan berperan membantu mahasiswa memiliki pengetahuan tentang landasan dan teori pendidikan secara filosofis
Tujuan : Mampu memahami, mengkaji dan memecahkan secara filosofis berbagai masalah yang terdapat dalam proses pendidikan sehingga dapat mendeskripsikan dan menganalisis hakikat pendidikan dengan berbagai komponennya yang relevan dengan problem dan tantangan kontemporer yang dihadapi masyarakat, bangsa, dan kemanusiaan global.
3. KURIKULUM PAUD 

Deskripsi : Mata kuliah ini mengkaji pelbagai aspek teoritis maupun praktis yang berkaitan dengan kurikulum PAUD. Mata kuliah ini berfungsi membekali mahasiswa calon guru anak usia dini dengan pemahaman dan wawasan yang komprehensif tentang hakikat PAUD, hakikat kurikulum PAUD yang meliputi landasan, komponen, prinsip-prinsip pengembangan kurikulum PAUD; standar kompetensi PAUD, makna dan prinsip pembelajaran di PAUD, berbagai model dan metode pembelajaran di PAUD; pengelolaan pembelajaran di PAUD; dan penilaian pembelajaran di PAUD; mengkaji kondisi pengembangan PAUD unggulan yang ada disekitarnya, mengkaji peran dan tanggung jawab guru dalam pengembangan kurikulum PAUD. Mata kuliah Kurikulum PAUD diarahkan untuk membantu mahasiswa mengembangkan kurikulum atau berbagai program kegiatan pengembangan pada lembaga pendidikan pra sekolah yakni pada Taman Kanak-kanak, Kelompok Bermain dan Taman Penitipan Anak. Pengembangan kurikulum tersebut dilakukan dengan cara menjabarkan rambu-rambu menu pembelajaran generik untuk Kelompok Bermain ke dalam bentuk operasional. Untuk mencapai kompetensi tersebut, mahasiswa melakukan kajian tentang hakikat kurikulum dan pengembangan kurikulum, Developmentally Appropriate Practice (DAP) pada anak usia dini, kurikulum KB dan TPA berbasis kompetensi, kurikulum alternatif dan kurikulum kreatif untuk anak usia 3-6 tahun, bermain sebagai sarana dalam kegiatan pengembangan pada Kelompok Bermain, konsep dasar pengembangan kurikulum, kompetensi, metode, strategi dan asesmen dalam kegiatan pengembangan pada TK, KB dan TPA, dan rancangan kegiatan pengembangan untuk TK, KB dan TPA. 

Tujuan : Setelah mengikuti perkuliahan kurikulum PAUD, mahasiswa diharapkan dapat memiliki kompetensi profesional berkenaan dengan karakteristik PAUD, karakteristik pengembangan kurikulum PAUD yang melputi pengembangan program, implementasi dan pengelolaan sarana dan prasarananya, dan penilaian pembelajaran PAUD; memiliki pengalaman praktis berkenaan dengan gambaran kurikulum PAUD unggulan dan memahami peran serta tanggung jawab guru sebagai pengembang kurikulum PAUD.

4. PEDAGOGIKA 

Deskripsi : Mata kuliah Pedagogik ini membahas tentang 1) Konsep Dasar Pedagogika; 2) Pedagogika sebagai Ilmu Pengetahuan; 3) Tujuan, Batasan dan Kemungkinan Pendidikan; 4) Konsep, Karakteristik dan Jenis Alat Pendidikan; 5) Pendidik dan Peserta Didik; 6) Lingkungan-Lingkungan Pendidikan; 7) Kasih Sayang, Kewibawaan dan Tanggung Jawab; 8) Manusia sebagai Animal Education 

Tujuan : Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu memahami isi materi pedagogik serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari khususnya untuk kepentingan pendidikan di PAUD

5. DETEKSI DINI TUMBUH KEMBANG ANAK 

Deskripsi : Melalui mata kuliah ini dibahas konsep dasar pertumbuhan dan perkembangan anak yang meliputi pengertian pertumbuhan dan perkembangan, faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan dan aspek-aspek perkembangan anak usia dini. Selanjutnya dibahas konsep tentang asesmen/penilaian pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini, konsep reveral dalam proses deteksi anak usia dini dan dilakukan praktek penyusunan alat asesmen pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini. 

Tujuan : Mahasiswa setelah mengikuti perkuliahan diteksi dini tumbuh kembang anak akan dapat memahami tumbuh kembang anak dengan sempurna serta dapat memfasilitasi tumbuh kembang anak
6. BERMAIN DAN PERMAINAN ANAK USIA DINI 

Deskripsi : Mata kuliah ini membahas tentang kemampuan dalam menerapkan bermain dan penggunaan permainan yang sesuai dengan karakteristik anak TK. Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan berbagai hal yang berkaitan dengan bermain dan permainan yang mencakup batasan tentang bermain, macam-macam permainan, manfaat bermain, bermain dan kreativitas dalam belajar, ide permainan kreatif, aktivitas permainan, konsep belajar terpadu berdasarkan permainan, serta menuntut mahasiswa menerapkan di dalam kegiatan pengembangan di TK. Pengalaman belajar yang harus dilalui oleh mahasiswa mengkaji materi serta mencoba menerapkan materi yang telah dikuasai. 
Tujuan : Mahasiswa dapat memahami konsep dasar bermain untuk anak usia dini serta dapat menyusun model permainan sesuai dengan tingkatan usia anak. Mahasiswa dapat memahami teori bermain dari berbagai perspektif, tahap-tahap perkembangan bermain anak, mengembangkan permainan dengan berbagai aspek kecerdasan jamak dan budaya serta mengembangkan model permainan yang sesuai dengan anak usia dini.
7. PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA 
Deskripsi : Mata kuliah ini mengkaji tentang hakikat perkawinan, yang mencakup: pengertian perkawinan, bentuk perkawinan, tahap perkawinan syarat-syarat terjadinya perkawinan, legalitas perkawinan, elemen perkawinan serta hakekat keluarga yang mencakup: pengertian, tujuan, peran, bentuk dan fungsi keluarga, peran / keterlibatan orang tua serta pola pengasuhan anak. 

Tujuan : Melalui mata kuliah pendidikan anak dalam keluarga ini, diharapkan mahasiswa mampu memahami hakikat perkawinan, yang mencakup : pengertian perkawinan, bentuk perkawinan, tahap perkawinan syarat-syarat terjadinya perkawinan, legalitas perkawinan, elemen perkawinan serta hakekat keluarga yang mencakup : pengertian, tujuan, peran, bentuk dan fungsi keluarga, peran / keterlibatan orang tua serta pola pengasuhan anak.

8. PENDIDIKAN SENI MUSIK ANAK USIA DINI 
Deskripsi : Dalam perkuliahan ini membahas tentang pengetahuan dasar musik anak, mengenal alat musik perkusi dan melodi sederhana, unsur dasar musik, pengenalan ritmik, konsep dasar karya musik, model pembelajaran musik anak, karya musik anak 
Tujuan : Dengan mengikuti mata kuliah ini diharapkan maha siswa dapat memahamai beberapa garis pokok bahasan utama dalam perkuliahan ini seperti: 1. Pemahaman umum seni musik 2. Jenis dan Ragam Seni Musik 3. Implementasi Seni Musik Dalam lingkup PAUD 4. Pengembangan Seni Musik dalam Lingkup Paud
9. KOMUNIKASI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI 

Deskripsi : Mata kuliah Komunikasi dalam PAUD ini mendalami mengenai konsep dan teori komunikasi dalam PAUD, penerapannya dalam berkomunikasi di PAUD, serta penanganan permaslahan komunikasi dalan PAUD. Materi yang dikembangkan pada mata kuliah ini pada dasarnya adalah konsep teoretis dan praktis komunikasi dalam PAUD, implementasi dilapangan serta permasalahan yang melingkupi komunikasi dalam PAUD. 
Tujuan : Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat memahami konsep-konsep dasar komunikasi bagi pengembangan proses pembelajaran dan pendidikan. Selanjutnya mahasiswa juga mampu menerapkan ilmu komunikasi dalam pendidikan mulai dari tahap desain sampai dengan tahap evaluasi.

10. PEMBELAJARAM TEMATIK 
Deskripsi : Mata kuliah Pembelajaran Tematik menyajikan hakekat, prinsip-prinsip penyusunan perencanaan pembelajaran dalam keterpaduan bidang studi, tema dan kompleksitasnya serta mampu melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran tematik. 
Tujuan : Pengalaman yang didapat mahasiswa adalah memahami pentingnya pembelajaran tematik sehingga mampu mengimplementasikan ragam pembelajaran secara kreatif terutama pada konteks Proses Belajar Mengajar di PAUD



Angkatan 2015 Menggunakan Kurikulum 2014 

SEMESTER IV 
1. KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN 
Deskripsi : Mata kuliah ini mengkaji pelbagai aspek teoritis maupun praktis yang berkaitan dengan kurikulum dan pembelajaran. Mata kuliah ini berfungsi membekali mahasiswa calon guru sekolah dasar dengan pemahaman dan wawasan yang komprehensif tentang konsepkonsep secara teoretik dan hal yang bersifat praktis yang berhubungan dengan konsep dan dimensi, hakikat, komponen, landasan dan prinsip, proses, model, evaluasi dan inovasi kurikulum dan pembelajaran. 
Tujuan : Setelah mengikuti perkuliahan kurikulum dan pembelajaran, mahasiswa diharapkan dapat memiliki wawasan yang komprehensifbaik secara teoretis maupun praktis berkenaan dengan kurikulum dan pembelajaran. Berkenaan dengan konsep kurikulum, meliputi: pengertian kurikulum; dimensi kurikulum; komponen-komponen kurikulum; landasan dan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum; pendekatan dan model pengembangan kurikulum; dan evaluasi kurikulum. Khususnya tentang pembelajaran, meliputi : hakikat pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran ; prinsip-prinsip pembelajaran; pendekatan dan model pembelajaran. Berdasarkanpemahaman tersebut, diharapkan mahasiswa dapat mengaplikasikan inovasi kurikulum dan pembelajaran 
2. PENGELOLAAN PENDIDIKAN 
Deskripsi : Dalam perkuliahan ini dibahas konsep dasar filosofis konsep manajemen pendidikan, masalah-masalah strategis pembangunan pendidikan nasional, organisasi pendidikan, masyarakat sekolah kontemporer, kepemimpinan pendidikan, sistem informasi manajemen, manajemen pelaksaaan kurikulum, manajemen peserta didik, manajemen tenaga kependidikan, manajemen sarana dan prasarana pendidikan, manajemen keuangan pendidikan, manajemen hubungan masyarakat (kerja sama lembaga), supervisi pendidikan, pengawasan dan penilaian pengelolaan pendidikan. 
Tujuan : Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa memiliki wawasan teoritis dan praktis tentang pengelolaan pendidikan sehingga dapat berpartisipasi secara aktif dalam masyarakat suatu lembaga atau satuan pendidikan 
3. PERENCANAAN PEMBELAJARAN PAUD 
Deskripsi : Mata kuliah ini mengkaji pelbagai aspek teoritis maupun praktis yang berkaitan dengan perencanaan pembelajaran anak usia dini. Mata kuliah ini berfungsi membekali mahasiswa dengan pemahaman dan wawasan yang komprehensif tentang perencanaan pembelajaran anak usia dini, yang meliputi: konsep perencanaan pembelajaran anak usia dini; fungsi dan tujuan perencanaan pembelajaran anak usia dini; komponen-komponen perencanaan pembelajaran anak usia dini; jenis-jenis perencanan pembelajaran anak usia dini. Secara praktik mahasiswa berlatih menyusun program semester; program mingguan; program harian 
Tujuan : Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat memiliki kompetensi profesional berkenaan dengan pemahaman konsep tentang perencanaan pembelajaran anak usia dini dan secara praktis dapat menyusun berbagai program pembelajaran anak usia dini secara kreatif, inovatif dengan mengacu pada teori keilmuan yang jelas 
4. MATEMATIKA DAN SAINS AUD 
Deskripsi : Mata kuliah ini berisi materiyang membekali guru/pendidik PAUD tentang pengetahuan dasarmatematika dan sains, yaitu berisi tentang himpunan dan operasinya sertasifat-sifat himpunan dan operasi himpunan, logika matematika, mengenalalam, mengenal makhluk hidup, dan mengenal benda-benda di sekitarkita. Pengalaman belajar yang harus dilalui mahasiswa adalah dengan mempelajari BMP secara mandiri serta mengikuti tutorial tatap muka.Penguasaan mahasiswa terhadap materi dalam mata kuliah ini akan diukurmelalui tugas tutorial dan UAS 
Tujuan : Kompetensi yang diharapkan dimiliki oleh mahasiswa setelah mempelajari mata kuliah ini adalah kemampuan dalam menggunakan konsep-konsep himpunan dan logika matematika dalam menyelesaikan masalah dibidang matematika maupun bidang lainnya 
5. PERBANDINGAN KELEMBAGAAN PAUD 
Deskripsi : Peningkatan kualitas pendidikan/ pembelajaran harus dilakukan dengan melibatkan semua unsur stake holder maupun sumber daya lingkungan yang ada. Terpenuhinya kebutuhan dalam proses pendidikan/ pembelajaran sangat tergantung kepada kemampuan pemerintah, masyarakat dan sekolah terutama guru dalam memanfaatkan sumber daya yang ada. Guru sebagai ujung tombak peningkatan kualitas pendidikan perlu diberikan bekal pengetahuan yang berkaitan dengan manajemen komponen pendidikan/pembelajaran, di samping teknik dan ketrampilan dalam pembelajaran. Mata kuliah ini mensyaratkan mata kuliah Landasan/ Dasar-Dasar Pendidikan, karena pada dasarnya manajemen pendidikan memberikan pengetahuan dasar manajemen komponen-komponen pendidikan/ pembelajaran, agar proses pendidikan/ pembelajaran dapat berlangsung efektif dan efisien. Dalam mata kuliah ini akan dibahas tentang manajemen pendidikan, fungsi manajemen, manajemen kurikulum, manajemen guru dan karyawan, manajemen kesiswaan, manajemen sarana/ prasarana pendidikan, manajemen keuangan, manajemen system informasi pendidikan, kepemimpinan pendidikan, dan supervisi pendidikan. Penyelenggaraan Pendidikan disemua Lembaga PAUD, mulai dari TPA, KB dan TK. 
Tujuan : Mahasiswa dapat menguasai dan mampu mengimplementasi teori, konsep dan prinsip penyelenggaraan pada lembaga PAUD Formal dan NonFormal dalam aktivitas pendidikan/pembelajaran guna mencapai tujuan pendidikan/pembelajaran secara efektif, efisien dan ekonomis 
6. PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH
Deskripsi : Mata kuliah ini bertujuan memberikan pemahaman pada mahasiswa tentang prinsip-prinsip dasar dalam membuat karya tulis ilmiah.Pemahaman ini menckup pengetahuna atas proses dan komponen-komponen dalam penulisan ilmiah. Melalui pemahaman ini diharapkan mahasiswa dapat menyusun sebuah karya tulis dengan baik dan benar 
Tujuan : Mahasiswa dapat membuat sebuah karya tulis yang memenuhi persyaratan standar sebagai karya tulis ilmiah
7. PENDIDIKAN SENI MUSIK UNTUK AUD 
Deskripsi : Dalam mata kuliah ini mahasiswa diperkenalkan dengan beberapa konsep dasar dan pemaknaan Seni Musik, Trend dan tangtangan yang dihadapi, dan bagaimana memanfaatkan beberapa teknik dasar dalam bermain seni music, dan pemanfaatan Seni Musik sebabagai media Pembelajaran
Tujuan : Dengan mengikuti mata kuliah ini diharapkan maha siswa dapat memahamai beberapa garis pokok bahasan utama dalam perkuliahan ini seperti ; 1. Pemahaman umum seni musik, 2. Jenis dan Ragam Seni Musik, 3. Implementasi seni musik dalam lingkup PAUD, dan 4. Pengembangan seni musik dalam lingkup PAUD
8. PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI PAUD
Deskripsi : Mata kuliah ini membahas secara mendalam konsep kompetensi profesional yang harus dimiliki para pendidik. Isi pokok mata kuliah ini meliputi: (1) Jabatan profesional guru dan perundang-undangan terkait profesional guru; (2) Hakikat kompetensi professional pendidikan, (3) Peran pendidik dalam mencapai tujuan pendidikan, (4) Mewujudkan kelas yang aman dan sehat, (5) Mewujudkan lingkungan dan pembelajaran yang menyenangkan, (6) Mengembangkan pembelajaran edukatif, (7) Mengembangkan profesionalisme, dan (8) Jenis Karya Ilmiah Pengem­bangan Profesional Guru.
Tujuan : Melalui mata kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan konsep konsep pe­ngem­­­­bangan profesi guru dan melaksanakan upaya pengembangan profesi guru PAUD 
9. MEDIA PEMBELAJARAN PAUD
Deskripsi : Mata kuliah media pembelajaran selain memperkanalkan berbagai macam media pembelajaran beserta karakteristik yang dimilikinya juga memberi pengalaman praktik bagi mahasiwa dalam pembuatan suatu media pembelajaran 
Tujuan : Dengan mengikuti mata kuliah media pembelajaran di harapkan mahasiswa dapat mengetahui teknik dan karkteristik berbagai media pembelajaran. Selain itu mahasiswa juga diharapkan mampu memilih media yang digunakan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan yang ada sehingga media yang di buat selain menarik juga efektif 
Angkatan 2014 Menggunakan Kurikulum 2014 

SEMESTER VI 
1. PENDIDIKAN KARAKTER 
Deskripsi : Mata Kuliah ini membahas secara mendalam konsepdan aplikasi pendidikan karakter. Oleh sebab itu, metri mata kuliah ini pada dasarnya adalah konsep-konsep teoritis dan praktis pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah termasuk didalamnya bagaimana upaya mengembangkan karakter mahasiswa. Isi pokok mata kuliah ini meliputi: (1) konsep dasar karakter dan pendidikan karakter, (2) konsep dasar dan pola pengembangan pendidikan karakter dalam proses pembeljaran, (3) konsep dasar dan pola pengembangan pendidikan karakter di sekolah, (4) konsep dasar dan pola pengembangan pendidikan karakter di masyarakat, dan (6) konsep dasar dan pola pengembangan penilaian otentik karakter. Dengan mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami isu terbaru dalam bidang pembelajaran di PAUD khususnya tentang pendidikan karakter sehingga kelak mampu bekerja di lingkungan pesekolahan dengan baik dan berkarakter serta mampu membina karakter siswa. 
Tujuan : Secara umum mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu memperolehpengetahuan karakter membangun sikap dan perilaku berkarakter, serta mampu mengembangkan pembelajaran berbasis karakter di PAUD. Secara khusus tujuan mata kuliah ini adalah agar mahasiswa mampu: 1. Memperoleh pengetahuan tentang konsep dasar karakter dan pendidikan karakter; 2. Bersikap dan berperilaku secara berkarakter dalam kehidupan di kampus maupun di luar kampus; 3. Menguasai konsep dasar dan pola pengembangan pembelajaran berbasis pendidikan karakter; 4. Menguasai konsep dasar dan pola pengembangan pendidikan karakter di sekolah; 5. Menguasai konsep dan pola pengembangan pendidikan karakter di masyarakat; 6. Menguasai konsep dasar dan pola pengembangan penilaian otentik karakter 
2. PENELITIAN PENDIDIKAN 
Deskripsi : Mata kuliah kebahasaan membahas secara mendalam konsep penelitian pendidikan khususnya dalam lingkup pendidikan dasar baik penelitian kuantitatif maupun penelitian kualitatif. Oleh sebab itu, materi mata kuliah ini pada dasarnya adalah konsep-konsep teoretis dan praktis pelaksanaan penelitian pendidikan dari tahap perumusan masalah hingga analisis dan interpretasi hasil penelitian. Isi pokok mata kuliah ini meliputi: (1) konsep dasar penelitian pendidikan, (2) ragam penelitian pendidikan, (3) konsep dasar dan proses pelaksanaan penelitian kuantitatif, (4) konsep dasar dan proses pelaksanaan penelitian kualitatif, (5) konsep dasar dan pelaksanaan PTK, dan (6) strategi menyusun proposal dan laporan penelitian. Dengan mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep penelitian pendidikan dan mampu menyusun serta melaksanakan penelitian di bidang pendidikan pada akhir masa studi dan kelak pada saat berkerja di lingkungan persekolahan
Tujuan : Secara umum mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memperoleh pengetahuan tentang konsep dasar dan praktik penelelitian pendidikan baik kuantitatif maupun kualitatif. Secara khusus tujuan mata kuliah ini adalah agar mahasiswa dapat: 1. memahami konsep dasar penelitian pendidikan; 2. memahami konsep ragam penelitian pendidikan; 3. memahami dan mengaplikasikan konsep desain penelitian kuantitatif; 4. memahami dan mengaplikasikan konsep desain penelitian kualitatif; 5. memahami dan mengaplikasikan konsep desain penelitian tindakan kelas; 6. memahami dan mengaplikasikan konsep proposal dan laporan penelitian.
3. BAHASA INGGRIS AUD 
Deskripsi : Mata kuliah Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini ini memperkenalkan konsep dasar serta permasalahan yang terdapat dalam pengajaran Bahasa Inggris bagi anak usia dini. Mata kuliah ini membahas pula tentang karakteristik anak usia dini, keterampilan oral dan aural, aplikasi pembelajaran melalui games, songs, dan stories, penggunaan media dalam pembelajaran bahasa Inggris, penggunaan classroom language, serta permasalahan yang terdapat dalam Teaching English to Young Learners (TEYL). 
Tujuan :  Melalui mata kuliah Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini ini, diharapkan mahasiswa mampu memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang konsep dasar membelajarkan bahasa Inggris bagi anak usia dini, mengidentifikasi isu mengenai pembelajaran bahasa Inggris di lapangan, serta mampu mengaplikasikan konsepkonsep tersebut dalam konteks praktis. 
4. STATISTIKA 
Deskripsi : Mata kuliah ini adalah mata kuliah bidang keahlihan berkarya yang memuat kajian teori praktis tentang konsep-konsep dan penerapan statistik pendidikan secara holistik. Kegiatan ini dilaksanakan dengan strategi yang bervariasi, seperti interactive lecturing, resitasi, diskusi kelompok kecil dan kelompok besar, peer teaching, dan mentoring.
Tujuan : Mata kuliah ini lebih berorientasi kepada proses yang juga akan menghasilkan produk. Mahasiswa akan terlibat aktif dalam penerapan-penerapan teori, yang pada gilirannya akan menghasilkan karya atau result. Dalam aktivitas perkuliahan ini, ada sejumlah tugas yang akan dilaksanakan mahasiswa terutama terkait dengan penerapan-penerapan teori. Pertama, setiap mahasiswa diminta untuk menerapkan satu mata kuliah atau mata pelajaran sebagai obyek penerapan keseluruhan teori. Kedua, seluruh mahasiswa akan mencoba menerapkan teori-teori itu ke dalam pembuatan laporan/proposal/makalah yang berkaitan dengan analisis penelitian.
5. LOGIKA
Deskripsi : Mata kuliah ini membahas prinsip-prinsip dan metode-metode serta aturan-aturan dalam melakukan penalaran secara tepat/logis. Halhal yang dibicarakan meliputi: tiga komponen utama logika yaitu term/konsep/pengertian; putusan/pendapat; dan penalaran/penyimpulan, termasuk kesesatan berpikir (fallacies). 
Tujuan : Mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam memperkaya konsep, membuat putusan/pendapat yang tepat dan mengadakan penalaran yang logis yang didukung dengan bahan bukti yang akurat, sehingga terhindar dari kesesatan berpikir 
6. AKREDITASI PAUD 
Deskripsi : Dalam perkuliahan ini dibahas tentang: latar belakang supervisi, konsep dasar, model, pendekatan dan teknik-teknik supervisi, ruang lingkup supervisi, bahan dan alat pembinaan untuk supervisi, pelaku-pelaku dan proses supervisi, supervisi pendidikan di lembaga PAUD serta sistem informasi dan pelaporan penyelenggaraan lembaga PAUD.
Tujuan : Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu memiliki pemahaman dan wawasan tentang latar belakang supervisi, konsep dasar, model, pendekatan dan teknik-teknik supervisi, ruang lingkup supervisi, bahan dan alat pembinaan untuk supervisi, pelakupelaku dan proses supervisi, supervisi pendidikan di lembaga PAUD serta sistem informasi dan pelaporan penyelenggaraan lembaga PAUD secara komprehensif dan mampu mengaplikasikannya dalam studi dan praktek di lapangan
7. ETIKA KEGURUAN 

Deskripsi : Matakuliah ini membahas hakikat ajaran moral untuk memperoleh orientasi kritis sebagai bekal mahasiswa untuk menumbuhkan pemahaman moral, perasaan moral dan tindakan moral terkait dengan profesi guru dan profesi tenaga kependidikan lainnya. Perkuliahan diberikan melalui tatap muka, diskusi, dan penugasan. Evaluasi mencakup Ujian Akhir Semester (UAS), Ujian Tengah Semester (UTS), Tugas-tugas dan Partisipasi dan aktivitas kelas 
Tujuan : Melalui mata kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan konsep konsep pengembangan profesi guru dan melaksanakan upaya pengembangan profesi guru sertakode etik guru dan etika profesi guru.
Angkatan 2013 Menggunakan Kurikulum 2012 

SEMESTER VIII 
SKRIPSI

Pelaksanaan penelitian di lapangan dilandasi kajian teoritik (penelitian deskriptif atau eksperimen yang bersifat kuantitatif atau kualitatif) melalui penulisan proposal yang lengkap, pembimbingan dan ujian skripsi dalam bidang pendidikan, dan pendidikan anak usia dini.

PG-PAUD Universitas Pahlawan

Salah Satu Prodi pada Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Dikenal dengan Prodi PG-PAUD Tambusai mempunyai Visi Menghasilkan Lulusan sebagai Guru PAUD Profesional pada lembaga PAUD dan mempunyai jiwa Wirausaha.

One thought on “Deskripsi Mata Kuliah Semester Genap Tahun Akademik 2016-2017

  • April 20, 2017 at 1:06 am
    Permalink

    Awalnya aku hanya mencoba main togel akibat adanya hutang yang sangat banyak dan akhirnya aku buka internet mencari aki yang bisa membantu orang akhirnya di situ lah ak bisa meliat nmor nya AKI NAWE terus aku berpikir aku harus hubungi AKI NAWE meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasip sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang aki.ternyata alhamdulillah AKI NAWE bisa membantu saya juga dan aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan AKI NAWE dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,kita yang penting kita tdk boleh putus hasa dan harus berusaha insya allah kita pasti meliat hasil nya sendiri. siapa tau anda berminat silakan hubungi AKI NAWE Di Nmr 085—>"218—>"379—>''259'

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.