Guru lebih Pintar dan update ketimbang Dosen (Sebuah analisis Bimtek Dosen)

Bali, 19 September 2016
Suatu saat pada pelaksanaan Program Praktik Lapangan (PPL) yang dilaksanakan mahasiswa disebuah perguruan tinggi, terjadi perbedaan pendapat terhadap persiapan bahan pengajaran yang diajarkan oleh dosen saat perkuliahan, dan guru yang dibina oleh pengawas dinas pendidikan.

Dosen mengajarkan format tertentu kepada mahasiswa sedangkan ketika diterapkan di sekolah, pihak sekolah mempermasalahkan format tersebut dan menilai format yang dipakai mahasiswa itu sudah usang atau ketinggalan jaman. Pihak sekolah meminta mahasiswa memperbaharui format persiapan mengajarnya sesuai yang diajarkan dan diterapkan di sekolah tersebut.

Kejadian tersebut membuat mahasiswa menjadi kebingungan, mana yang harus dilakukan, bimbingan dosen ataukah kemauan pihak sekolah? dari kejadian diatas menimbulkan kesan guru lebih pintar dan update dibanding dosen.

Hal diatas, bukan tanpa alasan, guru lebih diperhatikan oleh pemerintah dalam hal pelatihan update program-program baru pemerintah dalam bidang pendidikan dibanding dengan dosen. Dosen dituntut untuk mengupdate sendiri pengetahuannya melalui internet dan media sosial lainnya, sehingga dosen menterjemahkan sendiri apa yang sebenarnya diinginkan oleh program pemerintah bidang pendidikan tersebut.

Sedangkan guru dan pengawas sekolah mendapatkan pelatihan dari sumber atau penggagas program sehingga mereka dapat memperoleh kesamaan persepsi. Sedangkan dosen bisa jadi tidak mendapatkannya.

Demikian gambaran pendidikan yang ada dinegara kita, yang masih mengedepankan aturan-aturan format tertentu sehingga mengesampingkan konten yang sebenarnya yakni konten dari sebuah pembelajaran.

Perlu adanya perhatian khusus terhadap dosen agar tidak hanya mendapat pengetahuan hanya dari buku literatur ataupun dari internet saja. Pelatihan dan sosialisasi program baru pemerintah sangat perlu diberikan kepada dosen.

Semoga dengan tulisan ini, anda yang berprofesi sebagai dosen berupaya  selalu mengupdate dirinya sehingga tidak ketinggalan informasi baru.

PG-PAUD Universitas Pahlawan

Salah Satu Prodi pada Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Dikenal dengan Prodi PG-PAUD Tambusai mempunyai Visi Menghasilkan Lulusan sebagai Guru PAUD Profesional pada lembaga PAUD dan mempunyai jiwa Wirausaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.