PERKEMBANGAN AUD

Perkembangan Fisik (Motorik kasar an halus)

  1. Gerakannya semakin terkoordinasi dan menikmati permainan secara lebih aktif. 
  2. Sudah bisa berjalan lebih sempurna. Bisa berjalan dengan tumit dan berjinjit.
  3. Bisa membawa sesuatu ditangan sambil berjalan.
  4. Bisa melompat di permukaan datar dalam jarak dekat.
  5. Kemampuan motoriknya semakin meningkat, misal bisa dilihat dari dia bermain membangun bangunan dengan menggunakan balok.
  6. Sudah bisa menangkap bola besar.
  7. Bisa membuat sendiri suatu bentuk di atas kertas secara sepontan ketimbang mencontoh garis dan bentukbyang dicontohkan.
  8. Bisa membuka pintu sengan memegang gagang pintu, memegang gelas atau cangkir dengan satu tangan dan membuka tutup botol yang berulir.
Perkembangan Kognitif

  1. Mulai memahami konsep jumlah, hubungan dengan tempat ( di bawah, di atas, dll).
  2. Mengerti kegunaan benda.
  3. Senang mengelompokkan benda berdasarkan warna atau sifat-sifat yang jelas lainnya, kemampuan ini akan membantu dalam memahami konsep dasar matematika.
  4. Senang melakukan kegiatan merangkai, memasukan tali kedalam manik-manik besar.
  5. Dapat menunjuk dirinya yang ada di dalam foto.
  6. Seringkali mencoba melanggar aturan yang dibuat untuk melihat reaksi kita.

Perkembangan Bahasa

  1. Bisa mengikuti perintah sederhana.
  2. Sudah bisa menghubungkan konsep satu kata dengan beberapa kejadian secara keseluruhan (naik mobil, menuju ke toko, berbelanja dan pilang lagi ke rumah).
  3. Perbendaharaan kata-katanya sudah bertambah menjadi kira-kira 50 kata.
  4. Membuat kalimat dengan satu kata menjadi dua kata, tiga kata atau empat kata, walaupun perkataanya masih sulit dipahami.
  5. Bisa membuat kalimat permintaan sederhana dan menjawab pertanyaan yang sederhana.

Perkembangan Sosial Emosional

  1. Suka meniru orang dewasa.
  2. Mulai mengenal emosi orang lain.Mulai menunjukkan kerjasama ketika bermain dengan anak lain meskipun pertikaian atau rebutan kerap terjadi.
  3. Senang membantu pekerjaan rutin, seperti mengambil kaos kaki dan memasukkanya ke dalam keranjang cucian.
  4. Bisa menjadi sangat marah jika terjadi perubahan besar dalam kegiatan rutinitasnya.

Sumber : http://kurikulumpaud.blogspot.com

PG-PAUD Universitas Pahlawan

Salah Satu Prodi pada Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Dikenal dengan Prodi PG-PAUD Tambusai mempunyai Visi Menghasilkan Lulusan sebagai Guru PAUD Profesional pada lembaga PAUD dan mempunyai jiwa Wirausaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.