SAP DAN DESKRIPSI MATKUL

DAFTAR SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP) DAN SILABUS PRODI PGPAUD  DAPAT DI DOWNLOAD MELALUI LINK DIBAWAH INI

SEMESTER I
  1. Pendidikan Kewarganegaraan
  2. Pendidikan Agama
  3. Bahasa Indonesia
  4. Bahasa Inggris
  5. Wawasan Budaya Melayu
  6. Konsep Dasar PAUD
  7. Pengantar Ilmu Pendidikan
  8. Psikologi Perkembangan
  9. Perkembangan AUD 1

SEMESTER II

  1. Ilmu Alamiah Dasar
  2. Bimbingan Konseling AUD
  3. Psikologi Pendidikan
  4. Perkembangan AUD 2
  5. Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak
  6. Pendidikan Anak dalam Keluarga
  7. Bermain dan Permainan PAUD (Download Bahan Ajar)
  8. Pengembangan Media dan Sumber Belajar
  9. Pembelajaran BahasaInggris Untuk AUD
SEMESTER III
  1. Pengantar Kurikulum
  2. Teori Belajar dan Pembelajaran
  3. Metodologi pengembangan Sosial dan Emosional AUD
  4. Metodologi pengembangan Bahasa English AUD
  5. Metodologi Pengembangan Kognitif AUD
  6. Metodologi Pengembangan Matematika AUD
  7. Strategi Pembelajaran AUD
  8. Kewirausahaan
  9. Pembelajaran Bahasa Arabuntuk AUD
SEMESTER IV
  1. Profesi Kependidikan
  2. Kurikulum PAUD
  3. Pengelolaan Lingkungan Belajar AUD
  4. Seni Rupa PAUD
  5. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus
  6. Komunikasi Pendidikan
  7. Kreativitas AUD
  8. Pembelajaran Komputer untuk AUD / Silabus
  9. Penelitian TindakanKelas
SEMESTER V
  1. Kesehatan dan Gizi AUD
  2. Metodologi Pengembangan Moral dan Agama AUD
  3. Perencanaan Pembelajaran AUD
  4. Seni Suara / Musik AUD
  5. Evaluasi Pembelajaran PAUD
  6. Pembelajaran Terpadu
  7. Program PAUD Formal (TK/RA)
  8. Pola Asuh AUD
  9. Pengembangan Karir PAUD

SEMESTER VI

  1. Statistik Pendidikan
  2. Manajemen Penyelenggaraan PAUD
  3. Supervisi PAUD
  4. Metodologi Penelitian
  5. Kapita Selekta Hasil Penelitian
  6. Penulisan Karya Ilmiah
  7. Pembinaan Kompetensi Mengajar

SEMESTER VII

  1. Metodologi Pengembangan Motorik AUD
  2. Metodologi Pengambangan Sains AUD
  3. Seni Tari AUD
  4. Modifikasi Perilaku AUD
  5. Program PAUD non Formal (KB/TPA)


Deskripsi Mata Kuliah

Program Studi S1 PG-PAUD STKIP TUANKU Tambusai




1. Pendidikan Agama (2 SKS)


Kajian mengenai realitas Islam sepanjang sejarah, konsep-konsep-konsep dasar, sumber-sumber ajaran afiliasi ajaran Islam dalam kehidupan pribadi dan masyarakat.


2. Pendidikan Kewarganegaraan  (2 SKS)


Mata kuliah ini bertujuan untuk memahami Pancasila, menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, menghayati dan mengamalkan sistem kenegaraan RI berdasarkan UUD 1945, memahami dan menghayati nilai-nilai sejarah perjuangan bangsa, serta memahami usaha mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia.


3. Pendidikan Kewarganegaraan (2 SKS)


Mata kuliah ini bertujuan untuk memahami, menganalisis, dan menjawab masalah-masalah yang dihadapi oleh masyrakat, bangsa, dan negara secara berkesinambungan dan konsisten dengan cita-cita dan tujuan nasional seperti yang digariskan dalam Pembukaan UUD 1945. pada akhirnya dapat menghayati hakikat konsep Wawasan Nusantara dan Ketahanan Nasional sehingga menjiwai tingkah lakunya selaku warga negara RI yang patriotik dan cinta tanah air dalam melaksanakan profesinya. 


4. Ilmu Alamiah Dasar (2 SKS)

Pembentukan dan pengembangan kepribadian serta perluasan perhatian, pengetahuan dan pemikiran mengenai berbagai gejala yang ada dan timbul dalam lingkungan. Khususnya gejala-gejala yang berkenaan dengan lingkungan alam dapat ditingkatkan.


5. Ilmu Budaya Dasar (2 SKS)


Membahas dasar-dasar pengetahuan dan pengertian permasalahan di bidang ilmu-ilmu budaya dengan membahas interdisipliner guna melengkapi pembinaan kepribadian mahasiswa yang berwawasan lebih luas dan terbuka menghadapi permasalahan kehidupan sehari-hari, sehingga mampu berperan dalam usaha pembangunan modernisasi.


6. Bahasa Inggris (2 SKS)


Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memiliki keterampilan berbahasa Inggris dengan penekanan pada keterampilan membaca sesuai dengan program studi


7. Bahasa Indonesia (2 SKS)


Membahas tentang konsep-konsep, dasar-dasar keterampilan menulis, kerangka ilmiah dalam menerapkan penulisan. Meteri mata kuliah ini meliputi bahasa sebagai sarana komunikasi karangan ilmiah, ragam bahasa ilmiah, kata, istilah, definisi, perencanaan karangan, pengembangan karangan ilmiah dengan memperhatikan pengembangan paragraf, keefektifan kalimat, pilihan kata, penalaran dalam karangan, tata tulis dan ejaan, teknik-teknik notasi dan teknik penulisan ilmiah.


8. Filsafat Ilmu (2 SKS)


Mata kuliah ini berisikan pemahaman tentang hakikat landasan ontologis, epistimologis, serta aksiologis ilmu : struktur berpikir dan metode ilmiah serta sarana berpikir ilmiah yang meliputi bahasa, matematika dan statistika, hubungan struktur berpikir ilmiah dan kegiatan ilmiah.


9. Statistik (4 SKS)


Berisi pembahasan tentang konsep dasar statistika dalam kegiatan pendidikan yang mencakup makna, tujuan dan jenis statistika, hubungan statistika dengan kegiatan penelitian, pemahaman makna, tujuan, jenis, dan prosedur analisis deskriptif. Pemahaman mkana, tujuan, jenis, dan prosedur analisis statistik inferensial untuk pengujian hipotesis nol.


10. Profesi Kependidikan (4 SKS)

Membahas sikap, kode etik, dan refleksi profesional guru terhadap tugasnya serta membahas deskripsi berbagai jenis profesi yang berkaitan dengan AUD. Motovasi menjadi SDM yang berkecimpung dalam dunia PAUD dan deskripsi tugas masing-masing prosfesi yang berkaitan dengan dunia AUD.


11. Pengantar Ilmu Pendidikan (3 SKS)


Pengkajian tentang landasan, komponen, sistem, aliran-aliran pendidikan, serta sejarah pendidikan di Indonesia. Pendidikan seumur hidup, wajib belajar, pendidikan inklusif, dan ajaran baru dalam pendidikan dalam kerangka sistem pendidikan nasional.


12. Teori Belajar dan Pembelajaran Anak Usia Dini (4 SKS)


Berisi tentang kajian hakikat belajar yang berhubungan dengan pengalaman, teori-teori belajar, faktor-faktor dan kondisi belajar, prinsip-prinsip belajar, dan hakikat pembelajaran. TPB juga membahas tentang perencanaan pembelajaran, strategi pembelajaran, sumber balajar, motivasi belajar, kurikulum, dan pengaruhnya dalam proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran serta tindak lanjTuanku Tambusaiya.


13. Psikologi Pendidikan (3 SKS)


Membahas tentang sejarah perkembangan berbagai pemikiran, konsep dan teori dalam sejarah psikologi pendidikan serta tokoh-tokohnya, mampu memahami penerpan konsep-konsep dasar, teori dan pengukuran dalam proses belajar-mengajar.


14. Psikologi Perkembangan (3 SKS)


Berisi tentang hakikat perkembangan anak yang mencakup latar belakang/sejarah penelitian anak, berbagai pendekatan/paradigma tentang anak, karakteristik dan kebutuhan anak. Periode perkembangan anak sejak usia 0-6 tahun dari berbagai dimensi, pengertian, tugas, tahapan, prinsip, hukum, serta mengenal jenis-jenis gangguan perkembangan anak pada masing-masing dimensi tersebut.


15. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (3 SKS)


Berisi telaah hakikat pendidikan anak usia dini yang mencakup pengertian, tujuan, fungsi, prinsip perkembangan dan lingkup pendidikan anak usia dini berdasarkan pendekatan kebijakan dan analisis berbagai teori, telaah konsep pengembangan anak usia dini secara terpadu.


16. Strategi Pembelajaran (3 SKS)


Berisi konsep dasar pendidikan untuk anak usia dini, telaah berbagai ragam pendekatan pembelajaran pada anak usia dini (pendekatan discovery, pendekatan proses, pendekatan konkret, pendekatan holistik, dsb). Jenis-jenis mtode balajr-mengajar untuk anak usia dini pada berbagai jenis pengembangan, telaah berbagai contoh dan praktek pembelajaran pada anak usia dini di berbagi setting pendidikan.


17. Permasalahan Anak Usia Dini (3 SKS)


Berisi tentang berbagai jenis permasalahan anak yang meliputi aspek fisik, psikis, dan sosial, beserta anak yang mempunyai ketidakmampuan belajar (learning disability), deteksi anak bermasalah, dan berbagai teknik penanganannya.


18. Kesehatan dan Gizi (3 SKS)


Membahas tentang kesehatan anak yang mencakup : pengertian anak sehat dan dimensinya, gangguan kesehatan anak, pemeliharaan kesehatan anak, perilaku hidup sehat dalam masyarakat, telaah tentang gizi anak yang mencakup pengertian gizi, karakteristik m akanan bergizi, analisis hubungan gizi dengan kesehatan dan kecerdasan anak, praktek penyusunan menu dan penyajian makanan untuk anak usia dini dan ibu hamil serta perawatan bayidan anak dan P3K.


19. Kreativitas (2 SKS)


Berisi telaah hakikat kreativitas yang mencakup pengertian proses, dimensi/aspek, faktor pendukung kreativitas, serta model pendidikan untuk pengembangan kreativitas anak yang mencakup penyusunan kurikulum metode pembelajaran, pengembangan bahan pengayaan dan penyusunan instrument, dan pengembangan kreativitas anak.


20. Bermain dan Permainan Pendidikan Anak Usia Dini (3 SKS)


Berisi kajian tentang hakikat bermain bagi anak yang mencakup pengertian, tujuan, fungsi, dan analisis jenis-jenis kegiatan bermain anak, perkembangan fase bermain pada anak, telaah karakteristik bermain edukatif, penyusunan desain permainan dan alat bermain edukatif untuk memenuhi kebutuhan pada berbagai tahapan anak usia dini.


21. Pendidikan Inklusi (2 SKS)


Membahas berbagai pengetahuan tentang anak dengan kebutuhan khusus serta karakteristiknya, melakukan identifikasi terhadap anak b0erkebutuhan khusus, baik yang sudah menjadi terdaftar sebagai peserta didik pada sekolah yang bersangkutan maupun yang belum masuk sekolah yang ada atau bertempat tinggal di sekitar sekolah.


22. Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini
(3 SKS)

Berisi pemahaman peranan media pembelajaran, ragam media pembelajaran dan pemilihan media, prisnsip-prinsip pembuatan, penggunaan dan pengembangan media pembelajaran AUD, yang dikaitkan dengan Alat Permainan Edukatif (APE), Pengertian, tujuan, fungsi dan manfaat APE, pengenalan tentang bentuk-bentuk APE serta pengetahuan dan keterampilan menciptakan APE.


23. Pendidikan Anak Dalam Keluarga (2 SKS)


Berisi telaah tentang perkawinan, yang mencakup tentang pengertian perkawinan, syarat-syarat terjadinya perkawinan, legalitas perkawinan, serta berisi hakikat keluarga yang mencakup pengertian, tujuan, peran,bentuk, dan fungsi keluarga, peran/keterlibatan orang tua, serta pola pengasuhan anak.


24. Model & Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (3 SKS)


Membahas berbagai bentuk model pembelajaran dan berbagai jenis-jenis pendekatan pendidikan, contoh-contoh serta praktek berbagai setting pembelajaran PAUD


25. Metodologi Pengembangan Bahasa (2 SKS)


Berisi telaah perkembangan bahasa anak usia dini, konsep dan metode pengembangan kemampuan bahasa AUD. Melakukan analisis kurikulum yang sedang berlaku pada aspek bahasa.


26. Metodologi Pengembangan Matematika (2 SKS)


Berisi telaah konsep dan metode pengembangan kemampuan matematika pada AUD. Melakukan analisis kurikulum yang sedang berlaku pada aspek matematika.


27. Metodologi Pengembangan Kognitif (2 SKS)


Berisi telaah konsep dan metode pengembangan kognitif, analisis dan teori-teori tentang strategi dan metodologi kognitif secara terpadu, dan melakukan analisis kurikulum yang sedang berlaku pada aspek kognitif.


28. Metodologi Pengembangan Sains (2 SKS)


Berisi strategi pengajaran dan pengembangan sains permulaan AUD, material sains dan aktifitas sains kreatif untuk anak, lingkungan sains, strategi pengembangan melek sains AUD.


29. Metodologi Pengembangan Motorik (2 SKS)


Berisi telaah konsep dan metode pengembangan motorik, analisis dan teori-teori tentang strategi dan metodologi pengembangan motorik halus dan kasar secara terpadu, dan melakukan analisis kurikulum yang sedang berlaku pada aspek motrik kasar dan halus anak.


30.Metodologi Pengembangan Moral dan Agama (2 SKS)


Berisi telaah konsep dan metode pengembangan moral dan agama, analisis dan teori-teori tentang strategi dan metodologi pengembangan moral dan agama secara terpadu, dan melakukan analisis kurikulum yang sedang berlaku pada aspek moral dan agama.


31. Metodologi Pengembangan Sosial dan Kecerdasan Emosional A
UD (2 SKS)

Berisi telaah konsep dan metode pengembangan sosial dan kecerdasan emosional, analisis dan teori-teori tentang strategi dan metodologi pengembangan sosial dan kecerdasan emosional, dan melakukan analisis kurikulum yang sedang berlaku pada aspek sosial dan kecerdasan emosional.


32. Seni Suara/Musik Untuk Anak Usia Dini (2 SKS)


Berisi pengenalan konsep dasar musik yang mencakup pengertian, ruang lingkup, contoh dan penggunaan irama pada berbagai lagu anak, konsep dasar tentang irama yang meliputi : pengetian, jenis, dan contoh penggunaan birama pada beberapa lagi anak, konsep dasar tentang notasi, jenis, dan ruang lingkup, serta contoh notasi pada lagu anak-anak, dan konsep dasar penciptaan lagu anak.


33. Seni Tari Untuk Anak Usia Dini (2 SKS)


Berisi pendalaman berbagai lagu anak (mencakup birama, irama dan intonasi), memperkenalkan, membuat serta menggunakan alat musik sederhana dan modern serta berbagai jenis gerak dan tarian pendidikan anak-anak, berbagai bentuk pengembangan koreografis anak-anak.


34. Seni Rupa Untuk Anak Usia Dini (2 SKS)


Berisi pemahaman karakteristik dan kebutuhan anak usia dini pada aspek motorik, seni dan estetika, pengenalan AUD tentang seni dan estetika, pengenalan dan pembuatan bentuk-bentuk dua dimensi dan tiga dimensi dalam seni rupa sebagai konsep dasar dan praktek untuk mengembangkan berbagai potensi anak melalui seni rupa.


35. Perencanaan Pendidikan Anak Usia Dini (3 SKS)


Berisi telaah tentang hakikat perencanaan pembelajaran, pengertian, tujuan, manfaat dan kriteria perencanaan pembelajaran yang baik, telaah tentang prinsip-prinsip pembelajaran, langkah-langkah penyusunan model-model perencanaan pembelajaran untuk pembelajaran anak usia dini pada berbagai setting pendidikan.


36. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini I (3 SKS)


Berisi pemahaman tentang program stimulasi bagi AUD (0-8 tahun) khususnya Usia (0-4 tahun) berdasarkan kurikulum AUD, model-model pengembangan kurikulum pendidikan AUD, kajian penerapan kurikulum AUD pada beberapa lembaga (TPA dan KBl).


37. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini II (3 SKS)


Berisi pemahaman tentang program stimulasi bagi AUD (0-8 tahun) khususnya (4-8 tahun) berdasarkan kurikulum AUD, model-model pengembangan kurikulum pendidikan AUD, kajian penerapan kurikulum AUD pada beberapa lembaga (TK dan SD kelas awal)


38.Manajemen Pengelolaan Satuan PAUD I (3 SKS)


Membahas cara mengembangkan satuan Pendidikan anak usia dini yang meliputi perencanaan, organisasi, aktivitas, dan pengawasan terhadap Pendidikan anak usia dini dan Berisi pemahaman hakikat pada lembaga PAUD yang mencakup kegiatan TPA dan KB (analisis teoritik, yuridis, dan empirik), lingkungan fisik dan sosial, manajemen staf, pedoman pelaksanaan kegiatan bermain, pedoman sarana dan prasarana, pedoman penataan lingkungan indoor dan outdoor, pedoman evaluasi, pedoman administasi dan supervisi, pedoman pemasaran, manajemen input dan proses output, serta pengawasan lembaga PAUD.


39. Manajemen Pengelolaan Satuan PAUD II (3 SKS)


Membahas cara mengembangkan satuan Pendidikan anak usia dini yang meliputi perencanaan, organisasi, aktivitas, dan pengawasan terhadap Pendidikan anak usia dini dan Berisi pemahaman hakikat pada lembaga PAUD yang mencakup kegiatan TK dan SD Kelas Awal (analisis teoritik, yuridis, dan empirik), lingkungan fisik dan sosial, manajemen staf, pedoman pelaksanaan kegiatan bermain, pedoman sarana dan prasarana, pedoman penataan lingkungan indoor dan outdoor, pedoman evaluasi, pedoman administasi dan supervisi, pedoman pemasaran, manajemen input dan proses output, serta pengawasan lembaga PAUD.


40. Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (3 SKS)


Berisi telaah tentang hakikat evaluasi pembelajaran, pengertian, tujuan, manfaat, dan kriteria eavluasi pembelajaran, langkah-langkah penyusunan instrument (tes dan nontes) untuk proses dan hasil pembelajaran anak usia dini di berbagai setting AUD (TPA, KB, dan TK)


41. Metode Penelitian I (3 SKS)


Berisi tentang berbagai metode penelitian, jenis dan desain penelitian, jenis variabel, data dan hipotesis, teknik pengumpulan data, penyusanan dan pengujian instrument, dan teknik analisis data.


42. Metode Penelitian II (3 SKS)


Berisi kemampuan memiliki wawasan yang lebih luas dan mendalam tentang metode penelitian, terutama tentang paradigma penelitian (kualitatif, kuantitatif, dan action research). Prosedur penelitian dalam bidang penelitian PAUD, menitikberatkan pada pemahaman tentang berbagai permasalahan peneltian, hipotesis, dan pertanyaan penelitian, serta metode-metode penelitian.


43. Kompetensi Pendidik Anak Usia Dini (3 SKS)


Berisi pemahaman tentang dasar-dasar teori pembinaan kompetensi mengajar (mencakup kompetensi profesional, personal, dan sosial); pengenalan dan praktek berbagai jenis keterampilan dasar mengajar (bertanya, menjelaskan, memberi contoh, penguatan, dsb); latihan keterampilan mengajar terbatas dengan menggunakan perencanaan pembelajaran yang sudah disiapkan sebagai bekal PPL.


44. Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini (4 SKS)


Berisi kajian berbagai kebutuhan AUD sebagai dasar perkembangan program dan aktivitas pembelajaran pada AUD mencakup hakikat asesmen perkembangan AUD, landasan dan pendekatan asesmen perkembangan AUD, teknik observasi perkembangan anak, portofolio perkembangan, pelaporan perkembangan anak.


45. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (3 SKS)


Memahami karakteristik dan menemukan permasalahan-permasalahan anak berkebutuhan khusus dan mencarikan solusi pemecahan masalah melalui program layanan dengan cepat.


46. Modifikasi Perilaku Anak Usia Dini (2 SKS)


Berisi hakikat perubahan perilaku pada anak usia dini, pemahaman berbagai ragam perilaku anak bermasalah AUD, faktor-faktor penyebab munculnya perilaku bermasalah, pemahaman dan penerapan ragam teknik pengubahan perilaku bermasalah pada AUD.


47. Penyusunan Alat Ukur Anak Usia Dini (3 SKS)


Berisikan mengenai pengembangan instrumen pengukuran penelitian anak usia dini dengan ciri pendekatan yang lebih langsung pada kerja pengembangan skala yang umumnya dilakukan di dalam banyak penelitian di perguruan tinggi.


48. Mikro Teaching (3 SKS)


Membahas tentang keterampilan mengajar dan berlatih menggunakan keterampilan-keterampilan mengajar dalam bentuk kecil.


49. Kapita Selekta Hasil Penelitian (4 SKS)


Berisi pembahasan dan pengkajian berbagai hasil penelitian yang relevan dengan mengutamakan hasil-hasil penelitian yang terbaru dan mempunyai konsekuensi, implementasi dalam peningkatan dan pengembangan ilmu dan teknologi pendidikan AUD.


50. Program Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (2 SKS)


Membahas tentang program pendidikan anak usia dini (TPA, KB, TK), yang berisi prinsip, tujuan, perencanaan, pelaksanaan, penilaian, pengelolaan, serta impikasinya dalam pendidikan AUD.


51. Karya Ilmiah (2 SKS)


Berisi pemberian pengalaman pada mahasiswa dalam komunikasi ilmiah, penampungan saran bagi perbaikan proposal penelitian.


52. Studi Kasus (3 SKS)


Membahas tentang cara-cara tentang penemuan kasus, prosedur penyelesaian kasus, dan cara-cara penulisan laporan studi kasus yang berkaitan dengan permasalahan dan pembelajaran Anak Usia Dini.


53. Seminar Pendidikan Anak Usia Dini (3 SKS)


Mengidentifikasikan masalah yang terjadi dalam masa perkembangan anak usia dini dan mencarikan alternatif pemecahan masalah dalam seminar.


54. Pengalaman Praktek Lapangan (4 SKS)


Berisi pembekalan mahasiswa dengan kemampuan profesional yang harus memiliki seperangkat komponen pengetahuan, nilai, dan sikap serta keterampilan yang diperlukan bagi prosfesinya.


55. Kuliah Kerja Nyata (4 SKS)


Program kuliah lapangan untuk menerapkan ilmu dalam kehidupan masyrakat.


56. Skripsi (6 SKS)


Penelitian mengenai PAUD sebagai tugas akhir untuk memperoleh gelar sarjana.

PG-PAUD Universitas Pahlawan

Salah Satu Prodi pada Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Dikenal dengan Prodi PG-PAUD Tambusai mempunyai Visi Menghasilkan Lulusan sebagai Guru PAUD Profesional pada lembaga PAUD dan mempunyai jiwa Wirausaha.

2 thoughts on “SAP DAN DESKRIPSI MATKUL

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.